Elmatasya, Rikza (2023) Nilai-nilai pendidikan islam pada kegiatan ider bumi di Dusun Popongan Desa Benelan Lor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
Rikza Elmatasya T20191147.pdf Download (2MB) |
Abstract
Nilai-nilai pendidikan Islam adalah kumpulan dari prinsip-prinsip hidup
yang saling terkait yang berisi ajaran agama guna memelihara dan
mengembangkan fitrah manusia serta sumber daya manusia yang ada padanya
menuju terbentuknya manusia seutuhnya sesuai dengan norma atau ajaran Islam.
Dalam pendidikan Islam terdapat bermacam-macam nilai yang terkandung dalam
pelaksanaan pendidikan.
Dalam kegiatan ider bumi di dusun Popongan itu cukup berbeda dengan
ider bumi yang dilakukan pada masyarakat daerah lainnya. Dimana pada kegiatan
ider bumi di dusun Popongan masih mengutamakan nilai-nilai pendidikan Islam.
Tradisi ider bumi merupakan tradisi bersih desa sebagai upacara rasa syukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa serta untuk tolak bala’ penyakit. Ider bumi
merupakan kegiatan kebudayaan yang sudah menjadi tradisi bagi Dusun
Popongan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan
kegiatan ider bumi di dusun Popongan Banyuwangi? 2) Bagaimana nilai-nilai
pendidikan Islam pada kegiatan ider bumi di dusun Popongan Banyuwangi?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
kegiatan ider bumi di dusun Popongan Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui nilainilai pendidikan Islam pada kegiatan ider bumi di dusun Popongan Banyuwangi.
Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
deskriptif dengan jenis lapangan (field research). Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan yaitu model Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) kegiatan ider bumi di dusun
Popongan biasanya dilaksanakan pada tanggal 10 bulan syawal dan dilaksanakan
pada setiap tahunnya, pada saat pelaksanaannya masyarakat membaca adzan dan
iqomah di empat sudut tempat, ayat kursi, ditutup dengan pembacaan manaqib,
tahlil, doa dan makan bersama. 2) Nilai-nilai pendidikan Islam pada kegiatan ider
bumi yakni, Nilai-nilai akidah yang mengacu pada rukun iman yang pertama
yakni iman kepada Allah diambarkan dalam hidangan makanan yang dinamakan
ancak, nilai-nilai akhlak meliputi nilai akhlak kepada Allah serta akhlak kepada
sesama dan nilai-nilai ibadah meliputi ibadah mahdah (khusus) yang di buktikan
dengan pelaksanaan manaqib, tahlil, pembacaan yasin, pembacaan ayat kursi dan
doa serta ibadah ghairu mahdah yang dibuktikan adanya kegiatan berkeliling desa
atau disebut dengan ider bumi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Rikza Elmatasya |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:00 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29626 |
Actions (login required)
View Item |