Penerapan metode suggestopedia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II pada pembelajaran bahasa indonesia di sd nu 06 miftahul ulum jember

Ainuniyah, Siti (2023) Penerapan metode suggestopedia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II pada pembelajaran bahasa indonesia di sd nu 06 miftahul ulum jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI AINUNIYAH_T20194144.pdf

Download (8MB)

Abstract

Metode Suggestopedia adalah salah satu metode pembelajaran yang dilakukan untuk menciptakan pembelajaran yang rilex dalam menerima pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar. Jika peserta didik termotivasi dalam belajar maka mereka akan menunjukkan perubahan tingkah laku menjadi lebih baik, seperti giat belajar, mengerjakan tugas secara mandiri, dan hasil belajar akan meningkat.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan mengetahui penerapan metode pembelajaran SUGGESTOPEDIA untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD NU 06 Miftahul Ulum Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang dipaparkan yaitu data faktual yang benar-benar terjadi di lapangan selama penelitian berlangsung. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yaitu dengan menggunakan siklus mulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang memiliki empat kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Kegiatan ini adalah langkah-langkah mendasar yang disebut sebagai siklus.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.
Langkah-langkah yang harus di laksanakan waktu pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia mengunakan metode suggestopedia yaitu waktu pembelajaran siswa diajak duduk dengan tenang seperti posisi yoga dan siswa di bentuk menjadi bentuk U waktu pelaksanaan siklus 1 dan waktu siklus 2 berbentuk huruf O dan setelah mereka duduk dengan tenag siswa disuruh memejamkan mata mereka dengan rileks sambil mendengarkan music klasik dan guru sambil membacakan dongen fabel yang sesuai dengan tema yang diajarkan, setelah mereka mendengarkan dengan selesai guru meminta siswa membuka mata mereka sambil guru menanyakan cerita apa yang baru saja di ceritakan oleh guru dan meminta salahsatu siswa untuk menjelaskan dan menceritakan kembali, setelah itu guru memberi kesimpulan kepada siswa pada cerita fabel tersebut.
Hasil penelitian: Berdasarkan pada data yang sudah di tulis, bisa disimpulkan ada sedikit peningkatan dari murid sedang proses belajar membaca pada pelajaran bahasa indonesia dapat meningkat yang memenuhi standar KKM adalah rata-rata nilai dengan persentase sebesar 83,3%. Siswa yang memenuhi standar pada siklus II sebanyak 10 siswa dari 12 siswa dengan sebuah rat-rata 74,1 dari presentase 83,3% didalam kontras ke siklus 1, siswa hanya mendapatkan sebuah rata-rata dari 57,5 dengan persentase 41,6% tetap lebih sedikit. Ini membuktikan bahwa penerapan metode suggestopedia pada penerapan pembelajaran bahasa indonesia itu sangat berpengaruh dan dapat meningkatkan nilai siswa.
Kata Kunci: Metode Suggestopedia, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ainuniyah
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:26
Last Modified: 22 Nov 2023 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29628

Actions (login required)

View Item View Item