PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 AJUNG

Fatmawati,, Nur Alfina (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 AJUNG. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR ALFINA FATMAWATI_T201910002.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nur Alfina Fatmawati, 2023 : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E Pada Materi Pemanasan Global Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ajung.
Kata Kunci : Siklus Belajar 5E, Hasil Belajar, Pemanasan Global
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar siswa pada pelajaran IPA yang rendah atau kurang baik dikarenakan materi yang sulit untuk dipahami dan kurangnya keterlibatan siswa pada proses pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi kurang minat sehingga berdampak pada perolehan hasil belajar rendah. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat menjadi solusi adalah menerapkan model pembelajaran Siklus Belajar 5E yang nantinya siswa lebih aktif pada kegiatan pembelajaran, sehingga pembelajaran di kelas menjadi lebih efektif.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Adakah perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran siklus belajar 5E dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran siklus belajar 5E? (2) Adakah pengaruh penerapan model siklus belajar 5E pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Ajung? Dengan tujuan yaitu: (1) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan model siklus belajar 5E dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model siklus belajar 5E. (2) Mendeskripsikan pengaruh penerapan model siklus belajar 5E pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Ajung.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Pengambilan sampel dengan populasi menggunakan Purposive Sampling yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan pada pengujian hipotesis yaitu Independent Sampel t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Adanya perbedaan pada perolehan hasil belajar siswa menggunakan penerapan model pembelajaran Siklus Belajar 5E pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Ajung yaitu dapat dilihat dengan uji N-gain pada pengujian tersebut menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (Model Learning Cycle 5E) adalah 36.1826 atau 36.2% termasuk kategori sedang, Sedangkan N-gain score kelompok kontrol (Model Konvensional) sebesar 17.9936% termasuk pada kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan perolehan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. (2) Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran siklus belajar 5E pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Ajung. Hal ini berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji Independent sampel t test pada hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Ajung yang menunjukkan bahwa nilai sig. 0,001 ˂ 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020103 Cosmology and Extragalactic Astronomy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Nur Alfina Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:27
Last Modified: 23 Nov 2023 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29630

Actions (login required)

View Item View Item