Sistem Bagi Hasil Usaha Peternakan Kambing Oleh Kelompok Ternak Tombo Ati Desa Umbulrejo - Jember

Ismiatul Hasanah, Ervina (2023) Sistem Bagi Hasil Usaha Peternakan Kambing Oleh Kelompok Ternak Tombo Ati Desa Umbulrejo - Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ervina Ismiatul Hasanah_E20192362.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ervina Ismiatul Hasanah, Toton Fanshurna, 2023: Sistem Bagi Hasil Usaha Peternakan Kambing Oleh Kelompok Ternak Tombo Ati Desa Umbulrejo - Jember.

Kata kunci: Bagi Hasil, Peternakan, Kelompok Ternak.

Penelitian ini dilatarbelakangi sistem bagi hasil usaha peternakan kambing oleh kelompok ternak Tombo Ati Desa Umbulrejo bahwa perjanjian bagi hasil ini masih menganut tradisi masyarakat terdahulu yang dilakukan hanya secara lisan, sistem bagi hasil tidak jelas seperti halnya terjadi peristiwa force majeure pada saat perjanjian bagi hasil misal kematian ternak. Dan kurangnya modal bagi peternak yang akan menjalankan usaha ternak secara pribadi dikarenakan mayoritas peternak dari kalangan bawah dalam hal ekonomi.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana sistem bagi hasil yang diterapkan dalam usaha peternakan kambing oleh kelompok ternak Tombo Ati Desa Umbulrejo - Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk menganalisis sistem bagi hasil yang diterapkan dalam usaha peternakan kambing oleh kelompok ternak Tombo Ati Desa Umbulrejo - Jember
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di kelompok ternak Tombo Ati Desa Umbulrejo – Jember. Dalam menentukan informan penelitian menggunakan terknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Tahap-tahap penelitian ini yaitu tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem bagi hasil yang dilakukan oleh kelompok ternak Tombo Ati Desa Umbulrejo – Jember, dalam pembagian hasil menggunakan sistem revenue sharing dengan persentase 60:40, dapat dibagi berupa anakan atau berupa uang dari hasil penjualan anakan kambing. Kesepakatan kerjasama bagi hasil tidak terlalu formal hanya secara lisan dan tidak ada batasan waktu selama pemelihara masih bersedia untuk merawat ternak serta masih saling menguntungkan maka kerjasama ini tetap dilaksanakan. bagi hasil yang dilakukan oleh kelompok ternak Tombo Ati ini menggunakan akad mudharabah, pelaksanan bagi hasil ini sudah sesuai dengan rukun mudharabah. Akan tetapi masih belum sepenuhnya sesuai dengan syarat mudharabah dikarenakan modal dalam bagi hasil ini berupa kambing (barang) dan akad (perjanjian) bagi hasil ini hanya secara lisan, akad lisan memang sudah sah akan tetapi sebaiknya berupa perjanjian tertulis sehingga bisa dijadikan bukti jika terjadi permasalahan dikemudian hari. Hal ini tertera dalam QS. Al – Baqarah ayat 282.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0702 Animal Production > 070201 Animal Breeding
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ervina Ismiatul Hasanah
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:03
Last Modified: 22 Nov 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29633

Actions (login required)

View Item View Item