PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERLANGSUNGAN PENDIDIKAN ANAK (Studi Kasus di Desa Jetis RT 11 RW 05 Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso) TAHUN 2018

Antika, Diana Juni (2019) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERLANGSUNGAN PENDIDIKAN ANAK (Studi Kasus di Desa Jetis RT 11 RW 05 Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso) TAHUN 2018. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Diana Juni Antika_084 131 426.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting terhadap masyarakat dalam menjamin keberlangsungan hidupnya. Namun yang menjadi permasalahan adalah adanya persepsi yang menyatakan bahwa pendidikan belum tentu menjamin untuk meraih masa depan yang cerah. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pengangguran dari para lulusan perguruan tinggi, yang menyebabkan adanya persepsi yang salah terhadap pendidikan. Seperti yang terjadi di Desa Jetis, meskipun persepsi masyarakat di desa Jetis terhadap perguruan tinggi baik, akan tetapi minat masyarakat terhadap perguruan tinggi tidak terlalu tinggi atau kurang berminat terhadap perguruan tinggi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi masyarakat terhadap anak yang melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi di Desa Jetis RT 11 RW 05 Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso Tahun 2017? 2) Bagaimana persepsi masyarakat terhadap anak yang tidak melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi di Desa Jetis RT 11 RW 05 Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso Tahun 2017?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap anak yang melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi di Desa Jetis RT 11 RW 05 Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso Tahun 2017. Untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap anak yang tidak melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi di Desa Jetis RT 11 RW 05 Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso Tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualiatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan Purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, display/penyajian data, dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Persepsi masyarakat desa Jetis terhadap perguruan tinggi baik karena mereka berasumsi bahwa pendidikan tinggi dapat mendukung kesejahteraan mereka di masa depan. 2) Meskipun persepsi masyarakat di desa Jetis terhadap perguruan tinggi baik, akan tetapi minat masyarakat terhadap perguruan tinggi tidak terlalu tinggi atau kurang berminat terhadap perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:09
Last Modified: 22 Nov 2023 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29634

Actions (login required)

View Item View Item