Penggunaan ice breaking eat bulaga pasca pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Al-Kulliyat Al-Khamsah Kelas X7 SMA Negeri 1 Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023

Agustin, Dina Auliya (2023) Penggunaan ice breaking eat bulaga pasca pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Al-Kulliyat Al-Khamsah Kelas X7 SMA Negeri 1 Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember..

[img] Text
DINA AULIYA AGUSTIN_T20191153.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perubahan yang terjadi ketika pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang sangat signifikan bagi keberlangsungan pendidikan didalam sekolah. Sehingga kemampuan guru dilihat dari ketika pembelajaran dilakukan untuk memusatkan kembali
perhatian peserta didik dengan proses pembelajaran, agar semangat belajar semakin bertambah, serta menstimulus guru dan peserta didik agar dapat terjalin dengan baik. Maka
dari itu, salah satunya menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi yakni penggunaan ice breaking eat bulaga untuk menumbuhkan konsentrasi belajar dan menjadikan peserta didik lebih aktif kembali.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan ice breaking eat bulaga pasca pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Al-Kulliyat Al-Khamsah Kelas X7 SMA Negeri 1 Tempeh LumajangTahun Pelajaran 2022/2023 ?, 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan ice breaking eat bulaga pasca pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti materi Al-Kulliyat Al-Khamsah Kelas X7 SMA Negeri 1 Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023 ?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penggunaan ice breaking eat bulaga pasca pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Al-Kulliyat Al-Khamsah Kelas X7 SMA Negeri 1 Tempeh LumajangTahun Pelajaran 2022/2023, 2) Memahami kelebihan dan kekurangan penggunaan ice breaking eat bulaga pasca pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Al-Kulliyat Al-Khamsah Kelas X7 SMA Negeri 1 Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis pendekatandeskriprif. Penentuan subjek pada penelitian menggunakan teknik purposive, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif pasif, wawancara
semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan penelitian dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan ice breaking eat bulaga pasca pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Al-Kulliyat Al-Khamsah kelas X7 SMA Negeri 1 Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023 pelaksanaannya sangat mudah dan sederhana untuk diaplikasikan di dalam kelas. Ice breaking ini membuat peserta didik merasa santai, karena bersifat
permainan yang dilakukan secara berkelompok untuk tebak menebak kata. Hal tersebut membuat peserta didik terpacu untuk bisa menghafal kosakata serta memahaminya, yang
secara tidak langsung bisa meningkatkan kemampuan kosakata mereka. 2) Kelebihan penggunaan ice breaking yakni menumbuhkan partisipatif aktif dari peserta didik untuk
belajar lebih giat, menumbuhkan kekompakkan antar peserta didik serta saling mengenalkarakter, dan memberikan dampak yang menyenangkan dan mudah untuk diaplikasikan
dalam suatu pembelajaran. Sedangkan kekurangannya yakni terbatasnya waktu, dan kondisi di dalam kelas yang cenderung ramai, sehingga sulit para pemain untuk berkonsentrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Dina Auliya Agustin
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:29
Last Modified: 22 Nov 2023 03:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29636

Actions (login required)

View Item View Item