UPAYA MEMBENTENGI DIRI: (Studi Terhadap Praktik Ruqyah Menggunakan Ayat Hirzi Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen Palengaan Pamekasan Madura.)

mutiatun, ms (2018) UPAYA MEMBENTENGI DIRI: (Studi Terhadap Praktik Ruqyah Menggunakan Ayat Hirzi Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen Palengaan Pamekasan Madura.). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
mutiatun_082142053.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ayat hirzi merupakan sebuah kumpulan di dalamnya berisi beberapa ayat-ayat al-Qur’an dari beberapa surat dan do’a-do’a, disebut ayat hirzi, karena ayat-ayat tersebut didalamnya banyak mengandung hikmah seperti menyembuhkan penyakit, membentengi diri, melindungi dari gangguan jin, dan perampok. Untuk itu, dalam skripsi ini peneliti mempunyai fokus masalah yang akan diteliti yakni: 1) Bagaimanakah tatacara praktik ruqyah dan faktor kegagalannya dengan menggunakan ayat hirzi di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen Palengaan Pamekasan Madura? 2) Bagaimanakah dampak ruqyah bagi raqi dan pasien di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen Palengaan Pamekasan Madura? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tatacara ruqyah menggunakan ayat hirzi serta apa dampak yang terjadi pada pasien sebelum dan sesudah melakukan ruqyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dalam bentuk praktik pengobatan melalui ruqyah menggunakan ayat Hirzi. Dengan menggunakan metode observasi berperan secara aktif selama pengamatan, wawancara secara mendalam kepada informan peneliti dan dokumentasi sebagai data pendukung dan penguat terhadap data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ruqyah menggunakan ayat hirzi memiliki serangkaian prosedur yang harus dilakukan agar praktik ini berdampak kepada pelakunya. Disamping itu juga tujuan dari ruqyah ini adalah menyiarkan Islam dengan jalan dakwah, khususnya kepada pasien dan umat Islam pada umumnya dengan cara kembali pada al-Qur’an dan al-Sunnah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:09
Last Modified: 22 Nov 2023 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29639

Actions (login required)

View Item View Item