PERAN ORANG TUA DAN MASYARAKAT DALAM MENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SEBAGAI UPAYA MENANGGULANGI PERILAKU PERGAUALAN BEBAS DI DESA KLOMPANGAN AJUNG JEMBER TAHUN 2017

Zulfi, Nailani (2018) PERAN ORANG TUA DAN MASYARAKAT DALAM MENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SEBAGAI UPAYA MENANGGULANGI PERILAKU PERGAUALAN BEBAS DI DESA KLOMPANGAN AJUNG JEMBER TAHUN 2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Nailani Zulfi_084 121 175.pdf

Download (6MB)

Abstract

Orang tua mempunyai tanggung jawab atas keluarganya agar menjaga diri dan seluruh keluarganya dari segala macam kebinasaan yang nantinya akan menghantar ke dalam api neraka. Oleh karena itu orang tua tidak dapat melepaskan tanggung jawab akan nasib anak-anaknya dan keluarganya. Maka dari hal tersebut orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pengetahuan keagamaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini antara lain sebagai berikut: 1) Bagaimanakah Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Sebagai Upaya Menanggulangi Perilaku Pergaulan Bebas di Desa Klompangan Ajung Jember Tahun 2017. 2) Bagaimanakah Peran Masyarakat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Sebagai Upaya Menanggulangi Perilaku Pergaulan Bebas di Desa Klompangan Ajung Jember Tahun 2017. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Sebagai Upaya Menanggulangi Perilaku Pergaulan Bebas di Desa Klompangan Ajung Jember Tahun 2017. 2) Untuk Mengetahui Peran Masyarakat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Sebagai Upaya Menanggualangi Perilaku Pergaulan Bebas di Desa Klompangan Ajung Jember Tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus dengan subjek penelitian menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Peran Orang Tua Dan Masyarakat Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Sebagai Upaya Menanggulangi Perilaku Pergaulan Bebas di Desa Klompangan Ajung Jember Tahun 2017 yaitu: 1) Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Sebagai Upaya Menanggulangi Perilaku Pergaulan Bebas adalah dengan menerapkan pembiasaan dan keteladanan, nilai keagamaannya aqidah, syariah, dan akhlaq 2) Peran Masyarakat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Sebagai Upaya Menanggulangi Perilaku Pergaulan Bebas adalah menggunakan targib dan tarhib dalam perilaku sosial kemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:09
Last Modified: 22 Nov 2023 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29641

Actions (login required)

View Item View Item