IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP HORMAT SISWA DI MTs NURUL ULUM DESA PENGARANG KECAMATAN JAMBESARI KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Zauri, Sofyan (2017) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP HORMAT SISWA DI MTs NURUL ULUM DESA PENGARANG KECAMATAN JAMBESARI KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Sofyan Zauri_ 084 121 084.pdf

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang menekankan nilai-nilai (kejujuran, keharmonisan, saling mengahrgai, dan kesetaraan) adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan. Dengan demikian, pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai sebagaimana diatas mendapatkan perhatian serius tokoh pendidikan abad ke 20, Burhanuddin Az-Zarnuji. Beliau menulis kitab Ta’limul Muta’allim yang didalamnya sarat dengan nilai-nilai ilmu pengetahuan dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam pembentukan sikap hormat siswa kepada guru di MTs Nurul Ulum Pengarang, Jambesari, Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana implementasi metode pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam pembentukan sikap hormat siswa kepada sesama teman di MTs Nurul Ulum Pengarang, Jambesari, Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam pembentukan sikap hormat siswa kepada guru di MTs Nurul Pengarang, Jambesari, Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam pembentukan sikap hormat siswa kepada sesama teman di MTs Nurul Pengarang, Jambesari, Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kulitatif deskriptif. Dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tiga, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, display /peyajian data, dan kesimpulan. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan tehnik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi metode pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam pembentukan sikap hormat siswa kepada guru diawali dengan adanya evaluasi bersama antara guru kepala sekolah, waka kesiswaan, dan para guru yang lain untuk mencari solusi terhadap prilaku atau akhlak siswa yang kurang baik terhadap guru dan hasilnya sangat mengembirakan terbukti sekarang manyoritas siswa menghormati guru. Misalkan mengucapkan salam bila bertemu, bersalaman mencium tangan guru, dan serta berbahasa yang santun. 2) Implementasi metode pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam pembentukan sikap hormat siswa kepada sesama siswa lain didasari dengan adanya fakta bahwa siswa yang satu dengan siswa yang lain tidak saling hormat menghormati dan hasilnya sangat mengembirakan terbukti sekarang manyoritas siswa menghormati siswa. Misalkan saling menghargai pendapat sesama teman, memanggil dengan sebutan yang baik, dan saling tolong menolong apabila teman mengalami musibah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:09
Last Modified: 22 Nov 2023 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29643

Actions (login required)

View Item View Item