KORELASI PEMAHAMAN MATERI SISTEM EKSKRESI DENGAN PERILAKU MENJAGA HIDUP SEHAT SISWA KELAS XI IPA DI MAN 3 JEMBER

Lutfiah Putri, Nahdiyah Avi (2023) KORELASI PEMAHAMAN MATERI SISTEM EKSKRESI DENGAN PERILAKU MENJAGA HIDUP SEHAT SISWA KELAS XI IPA DI MAN 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI RE NAHDIYAH AVI LUTFIAH 41.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nahdiyah Avi Lutfiah Putri, 2023: Korelasi Pemahaman Materi Sistem Ekskresi dengan Perilaku Menjaga Hidup Sehat Siswa Kelas XI IPA di MAN 3 Jember.

Kata Kunci : Pemahaman, sistem ekskresi, perilaku menjaga hidup sehat.

Permasalahan terkait dengan perilaku menjaga hidup sehat saat ini masih menjadi hal yang harus diperhatikan. Berdasarkan hasil observasi di kelas XI IPA MAN 3 Jember didapatkan masih banyak siswa yang tidak menerapkan perilaku menjaga hidup sehat terhadap sistem ekskresi, seperti mengkonsumsi makanan tidak sehat, merokok, minimnya konsumsi air putih, pola tidur yang tidak teratur, dan kurangnya menjaga kebersihan badan. Padahal setiap tahun selalu diadakan sosialisasi tentang kesehatan dari pihak yang berwenang seperti puskesmas dan lain sebagainya. Akan tetapi, hal tersebut masih kurang dipahami dan disadari oleh masing-masing individu terkait pentingnya menjaga kesehatan tubuh terutama pada organ ekskresi..
Tujuan penelitian adalah : 1) Mendeskripsikan tingkat pemahaman materi sistem ekskresi kelas XI IPA di MAN 3 Jember. 2) Mendeskripsikan perilaku menjaga hidup sehat siswa kelas XI IPA di MAN 3 Jember. 3) Mengetahui korelasi pemahaman materi sistem ekskresi dengan perilaku menjaga hidup sehat siswa kelas XI IPA di MAN 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Korelasioner non eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 3 Jember yang berjumlah 169 responden. Adapun sampel yang diambil berjumlah 118 responden dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes pada variabel X (pemahaman materi sistem ekskresi) dan angket dengan skala Likert pada variabel Y (perilaku menjaga hidup sehat). Analisis datanya menggunakan uji korelasi Product moment
Berdasarkan analisis data penelitian, menunjukkan pemahaman siswa kelas XI IPA tentang materi sistem ekskresi masuk dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 84% dan dengan nilai rata-rata12,30, sedangkan perilaku menjaga hidup sehat masuk dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 59% dan dengan nilai rata-rata 27,5. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan antara pemahaman materi sistem ekskresi dengan perilaku menjaga hidup sehat siswa kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Hal tersebut bisa diketahui dari perolehan nilai signifikansi 0,442 > 0,05 yang artinya Ha ditolah dan H0 diterima. Sedangkan untuk tingkat keeratan hubungannya tergolong dalam hubungan yang “Sangat Lemah” berdasarkan perolehan nilai koefisiensi korelasi yakni sebesar 0,071. Jadi, tinggi rendahnya tingkat pemahaman siswa tidak menjamin adanya perubahan pada diri siswa. Terjadinya perubahan sikap atau perilaku dapat terwujud karena adanya pembiasaan yang sering diterapkan yang pada akhirnya akan membentuk suatu kebiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: nahdiyah avi lutfiah
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:17
Last Modified: 22 Nov 2023 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29646

Actions (login required)

View Item View Item