Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Sikap Kemandirian Siswa di SMP Al- Ikhlash Lumajang

Ummah, Nur Kholifatul (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Sikap Kemandirian Siswa di SMP Al- Ikhlash Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR KHOLIFATUL UMMAH_T20191001.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan suatu upaya dalam proses penanaman, pengembangan dan pemantapan nilai- nilai keimanan yang menjadi pondasi spiritual manusia, yang mana sikap dan tingkah lakunya terlaksana sesuai dengan kaidah agamanya. Dalam menanamkan nilai- nilai keimanan melalui Pendidikan Agama Islam untuk pembentukan karakter dibutuhkan yang namanya strategi. Strategi sangat penting karena strategi merupakan salah satu cara untuk mencapai keberhasilan.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pembelajaran langsung guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun sikap kemandirian siswa di SMP Al- Ikhlash Lumajang? 2) Bagaimana strategi pembelajaran tidak langsung guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun sikap kemandirian siswa di SMP Al- Ikhlash Lumajang?

Tujuan penelitian yaitu: 1)  Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran langsung guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun sikap kemandirian siswa di SMP Al- Ikhlash Lumajang. 2) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran tidak langsung guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun sikap kemandirian siswa di SMP Al- Ikhlash Lumajang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi, dan dokumentasi. Kemudian, analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menguji kreadibilitas data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Strategi pembelajaran langsung guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun sikap kemandirian siswa di SMP Al- Ikhlash Lumajang adalah dengan pemberian tugas mandiri berupa tigas individu yang harus dikerjakan secara mandiri oleh siswa. 2) Strategi pembelajaran tidak langsung guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun sikap kemandirian siswa di SMP Al- Ikhlash Lumajang dibagi menjadi lima. Yang pertama mengintegrasikan sikap kemandirian pada kegiatan LDKS  Yang kedua adalah mengintegrasikan sikap kemandirian pada kegiatan Yang ketiga yaitu mengintegrasikan sikap kemandirian pada kegiatan lifeskill Dan yang keempat adalah pembentukan koordinator Quality Yang terakhir adalah  pendampingan akhlak dan prestasi.Kata Kunci: Strategi Guru, Kemandirian Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Kholifatul Ummah
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:12
Last Modified: 22 Nov 2023 06:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29651

Actions (login required)

View Item View Item