Penerapan Metode Baghdadiah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Musholla Darul Qur’an Desa Klompangan Ajung Jember

aini, musrifatul (2018) Penerapan Metode Baghdadiah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Musholla Darul Qur’an Desa Klompangan Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
musrifatul aini_084141501.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah dikarenkan salah satu musholla yang masih menerapkan metode baghdadiyah sebagai metode membaca Al- Qur’an adalah Musholla Darul Qur’an yang berada dipelosok Desa Klompangan Ajung Jember. Disamping metode tersebut telah banyak dilupakan oleh masyarakat luas dan sudah jarang sekali lembaga pendidikan yang menggunakan metode baghdadiyah sebagai metode membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian berdasarkan latar belakang yang di uraikan sebelumnya adalah (1) Bagaimana penerapan metode baghdadiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an santri dalam aspek pengenalan huruf hijaiyyah di Musholla Darul Qur’an Desa Klompangan Ajung Jember? (2) Bagaimana penerapan metode baghdadiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri dalam aspek tajwid di Musholla Darul Qur’an Desa Klompangan Ajung Jember ? (3) Bagaimana penerapan metode baghdadiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri dalam aspek makharijul huruf di Musholla Darul Qur’an Desa Klompangan Ajung Jember ? Tujuan penelitian ini dapat di rumuskan sebagai berikut : 1. Mendeskripsikan penerapan metode baghdadiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri dalam aspek pengenalan huruf hijaiyyah di Musholla Darul Qur’an Desa Klompangan Ajung Jember 2. Mendeskripsikan penerapan metode baghdadiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri dalam aspek tajwid di Musholla Darul Qur’an Desa Klompangan Ajung Jember 3. Mendeskripsikan penerapan metode baghdadiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri dalam aspek makharijul huruf di Musholla Darul Qur’an Desa Klompangan Ajung Jember. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mengambil latar belakang di Musholla Darul Qur’an Klompangan Ajung Jember. Peneliti menggunakan tekhnik purposive untuk menentukan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data deskriptif menggunakan model milles dan huberman melalui langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan, (1) penerapan metode baghdadiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an santri di Musholla Darul Qur’an desa klompangan Ajung Jember yaitu menggunakan cara yang berbahasa madura dengan rumus jeber untuk palafalan fathah, ngajir untuk palafalan kasroh, ngapes untuk palafalan dhommah, tanwin jeber an untuk palafalan fathah tanwin, tanwin ngajir in untuk palafalan kasroh tanwin, tanwin ngajir un untuk palafalan dhommah tanwin, ngabuk untuk palafalan tasyjid, mateh untuk palafalan sukun (2) Penerapan metode baghdadiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an santri dalam aspek tajwid di Musholla Darul Qur’an desa Klompangan Ajung Jember adalah penambahan pembelajaran tajwid, talaqqi dan kitab terhadap santri (3) Penerapan metode baghdadiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an santri dalam aspek makharijul huruf di Musholla Darul Qur’an desa Klompangan Ajung Jember adalah penekanan khusus pada huruf

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:13
Last Modified: 22 Nov 2023 06:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29655

Actions (login required)

View Item View Item