IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH AL MUSLIHUN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AISYAH RAHMI, AMALIA (2019) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH AL MUSLIHUN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
AMALIA AISYAH RAHMI_0849317009.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci : Nilai Pendidikan Karakter Pada dasarnya, dalam sebuah pendidikan perlu adanya nilai-nilai karakter dalam suatu sistem pendidikan yaitu keterkaitan antara komponen-komponen karakter yang mengandung nilai perilaku, yang dapat dilakukan atau bertindak secara bertahap dan saling berhubungan antara pengetahuan, nilai-nilai prilaku dengan sikap atau emosi yang kuat untuk melaksanakannya, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dirinya, atau sesama manusia yang ada di lingkungan pendidikan. Fokus penelitian yang diteliti dlam tesis ini adalah (1) implementasi pendidikan karakter pada aspek kedisiplinan dalam lingkungan yang religius di Madrasah Aliyah salafiyah syafi’iyah al muslihun tahun pelajaran 2018/2019?, (2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter pada aspek kejujuran dalam lingkungan yang religius di Madrasah Aliyah salafiyah syafi’iyah al muslihun tahun pelajaran 2018/2019?, (3) Bagaimana implementasi pendidikan karakter pada aspek kesopanan dalam lingkungan yang religius di Madrasah Aliyah salafiyah syafi’iyah al muslihun tahun pelajaran 2018/2019?, (4) Bagaimana implementasi pendidikan karakter pada aspek tanggung jawab dalam lingkungan yang religius di Madrasah Aliyah salafiyah syafi’iyah al muslihun tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada aspek kedisiplinan dalam lingkungan yang religius di Madrasah Aliyah salafiyah syafi’iyah al muslihun tahun pelajaran 2018/2019, (2) Mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada aspek kejujuran dalam lingkungan yang religius di Madrasah Aliyah salafiyah syafi’iyah al muslihun tahun pelajaran 2018/2019, (3) Mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada aspek kesopanan dalam lingkungan yang religius di Madrasah Aliyah salafiyah syafi’iyah al muslihun tahun pelajaran 2018/2019, (4) Mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada aspek tanggung jawab dalam lingkungan yang religius di Madrasah Aliyah salafiyah syafi’iyah al muslihun tahun pelajaran 2018/2019 Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian dengan menggunakan jenis kualitatif deskriptif, subyek penelitiannya meggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan model miles dan huberman serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menemukan, bahwa:1) Implementasi Penddikan karakter pada aspek kedisiplinan di Madrasah Aliyah Salafi’iyah Al Muslihun Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ialah melalui kegiatan shalat berjamaah Dhuha, Dhuhur dan Ashar setip hari serta pembacaan Asma’ul Husna dan pembacaan do’a pagi hari sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, 2) Implementasi Penddikan karakter pada aspek kejujuran di Madrasah Aliyah Salafi’iyah Al Muslihun Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ialah dalam mengerjakan tugas dari guru mereka diwajibkan menggunakan sumber buku-buku dari perpustakaan serta adanya kantin kejujuran yang sudah berjalan selama 2 tahun, 3) Implementasi Penddikan karakter pada aspek kesopanan di Madrasah Aliyah Salafi’iyah Al Muslihun Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ialah dengan adanya budaya senyum sapa serta beralaman setiap bertemu dengan dengan tim guru, dan selalu menggunakan bahasa indonesia setiap berkomunikasi,4) Implementasi Penddikan karakter pada aspek tanggung jawab di Madrasah Aliyah Salafi’iyah Al Muslihun Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ialah melalui kegiatan kerja bhakti setiap hari jum’at,melakukan shalat jum’at berjamaah dilanjutkan dengan kegiatan istighosah bersama dengan pengasuh pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:16
Last Modified: 22 Nov 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29657

Actions (login required)

View Item View Item