Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru di Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Noto, Rokhmad (2023) Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru di Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang. Masters thesis, UIN KHAS Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rokhmad_203206010029.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Rokhmad, 2023. Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru di Institut Agama Islam Syarifuddin, Lumajang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Abdul Muis, S.Ag., M.Si., Pembimbing II: Dr. Zainal Abidin, S.Pd.I., M.Si.

Kata Kunci : Manajemen Hubungan Masyarakat, Meningkatkan, Mahasiswa Baru.

Hubungan masyarakat merupakan salah satu fungsi manajemen yang perannya sangat strategis bagi organisasi. Selain membangun dan mempertahankan reputasi dan citra positif, hubungan masyarakat juga berfungsi membangun hubungan kerjasama di internal maupun eksternal organisasi sehingga memberikan dampak siginfikan terhadap kualitas dan kuantitas organsasi. Khusus di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta fungsi hubungan masyarakat memiliki peran strategis, karena berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berasaskan pada nilai-nilai ubudiyah dan muamalah.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan fungsi hubungan masyarakat di Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, baik hubungan dengan sekolah/madrasah, instansi pemerintah dan swasta hingga hubungan dengan alumni dalam meningkatkan jumlah mahasiswa baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritif (case study) dengan teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara analisis datanya menggunakan teknik reduksi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola fungsi hubungan masyarakat dengan Sekolah/madrasah dilakukan dengan membangun hubungan kerjasama informal dan formal yang berkelanjutan dan terpublikasi sehingga berdampak pada minat calon mahasiswa. Tata kelola fungsi hubungan masyarakat dengan instansi pemerintah dan swasta dilakukan dengan membangun hubungan formal dalam meningkatkan citra positif sehingga berdampak pada kepercayaan masyarakat dalam memilih Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang sebagai tempat pendidikan. Tata kelola fungsi hubungan masyarakat dengan alumni dilakukan dengan memperkuat hubungan emosional dan melibatkan alumni dalam setiap kegiatan kampus sehingga berdampak pada peran aktif alumni dalam mengarahkan sanak keluarganya dalam memilih Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang sebagai tempat menempuh pendidikan tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rokhmad Rd Noto
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:32
Last Modified: 22 Nov 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29659

Actions (login required)

View Item View Item