HAKIKI, IKHWAN (2019) INOVASI PONDOK PESANTREN ASY-SYUJA’I ROWOTAMTU RAMBIPUJI JEMBER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI. Masters thesis, IAIN JEMBER.
Text
IKHWAN HAKIKI_0849317023.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Inovasi Pesantren, Mutu Pendidikan, Era Globalisasi. Pesantren merupakan suatu tempat pendidikan dan pengajaran yang mengedepankan pembelajaran agama Islam yang didukung dengan adanya asrama sebagai tempat tinggal santri yang permanen. Sedangkan untuk dapat mencapai sistem pendidikan dan pengajaran yang baik di pesantren guna meningkatkan kualitas atau mutu pendidikannya maka diperlukan pembaharuanpembaharuan (inovasi) pendidikan dengan mengikuti perkembangan IPTEK dan tuntutan kebutuhan masyarakat secara berkala, agar pelayanan yang diberikan pesantren tetap up-to-date. Mengingat begitu urgennya inovasi (pembaharuan) dalam sebuah pendidikan, termasuk pendidikan pesantren yang akan menyebabkan eksistensi serta mutu pondok pesantren semakin terjamin, serta melihat adanya beberapa perbedaan sistem pendidikan yang telah dilakukan oleh Pondok Pesantren Asy-Syuja’i dibandingkan dengan beberapa pondok pesantren lainnya, maka peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di pesantren tersebut. Sedangkan fokus penelitian yang diteliti dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana inovasi kurikulum Pondok Pesantren Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember dalam meningkatkan mutu pendidikan di era globalisasi? (2) Bagaimana inovasi bidang personalia Pondok Pesantren Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember dalam meningkatkan mutu pendidikan di era globalisasi? (3) Bagaimana inovasi partnership Pondok Pesantren Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember dalam meningkatkan mutu pendidikan di era globalisasi? (4) Bagaimana inovasi sarana dan prasarana Pondok Pesantren Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember dalam meningkatkan mutu pendidikan di era globalisasi? (5) Bagaimana inovasi pengaturan waktu Pondok Pesantren Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember dalam meningkatkan mutu pendidikan di era globalisasi?. Adapun Tujuannya adalah mendeskripsikan inovasi kurikulum, bidang personalia, partnership, sarana prasarana dan pengaturan waktu Pondok Pesantren Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember dalam meningkatkan mutu pendidikan di era globalisasi. Dan untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Reseach-studi kasus. Adapun tehnik pengumpulan data dalam tesis ini menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data studi kasus, adapun keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. vi Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Pondok Pesantren Asy-Syuja’i telah melakukan inovasi atau pembaharuan yang menyangkut lima aspek demi meningkatkan mutu pendidikan di era glonalisasi ini. Lima aspek tersebut yaitu 1) Aspek kurikulum, kurikulum di Pondok Pesantren Asy-Syuja’i tidak bersifat statis melainkan sering mengalami perubahan dan pengembangan. Perubahan tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi kurikulum yang dilaksanakan. Inovasi kurikulum Pondok tersebut sesuai perencanaan serta pelaksanaan yang ada saat ini yaitu meliputi: a) Internalisasi kurikulum pesantren pada lembaga formal, b) Program wajib diniyah, c) Program tambahan, d) Program Niha’i, e) Amaliyah Tadriis (PPL/microteaching), dan f) Khidmah Tarbawiyah (PKT/KKN); 2) Aspek bidang personalia, inovasi yang terdapat di Pondok Pesantren AsySyuja’i pada bidang personalia dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di era globalisasi lebih mengarah kepada peningkatan mutu guru atau ustadz melalui Program Niha’i; 3) Aspek partnership, inovasi pada aspek ini dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Asy-Syuja’i melalui Program Khidmah Tarbawiyah 4) Aspek sarana dan prasarana, inovasi pada aspek ini meliputi hard ware dan soft ware yang dilaksanakan sesuai dengan perkembangan IPTEK 5) Aspek pengaturan waktu, perubahan dan pembaharuan pada aspek pengaturan waktu di Pondok Pesantren Asy-Syuja’i lebih mengarah pada pengaturan waktu sekolah dan waktu belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 07:31 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 07:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29660 |
Actions (login required)
View Item |