Analisis Pengembangan Struktur Organisasi Dalam Usaha Meningkatkan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan di CV. Aneka Jaya

Purnama Sari, Intan (2023) Analisis Pengembangan Struktur Organisasi Dalam Usaha Meningkatkan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan di CV. Aneka Jaya. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achamad Siddiq Jember.

[img] Text
Intan Purnama Sari_E20192283.pdf

Download (4MB)

Abstract

Intan Purnama Sari, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu,S.Sos.,M.Si : Analisis Pengembangan Struktur Organisasi Dalam Usaha Meningkatkan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan di CV. Aneka Jaya

CV Aneka Jaya adalah sebuah badan usaha berbentuk CV yang menjual alat listrik, elektronik, alat dapur dan furnitur. Pihak CV Aneka Jaya melakukan pengembangan struktur organisasi yang nantinya bertujuan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Hal itu tentunya dilakukan untuk menunjang kemajuan dan perkembangan usaha untuk kedepannya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pengembangan struktur organisasi dalam usaha meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan di CV Aneka Jaya? 2) Apa saja kendala pengembangan struktur organisasi dalam usaha meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan di CV. Aneka Jaya ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengembangan struktur organisasi dalam usaha meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan di CV Aneka Jaya. 2) Untuk mengetahui apa saja kendala pengembangan struktur organisasi dalam usaha meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan di CV Aneka Jaya.
Untuk menganalisis permasalahan dalam menjawab fokus penelitian, maka penyusunan skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif, yaitu jenis penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengklarifikasi mengenai fenomena atau kejadian pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif, menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dalam menguji keabsahan data.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Pengembangan struktur organisasi yang dilakukan pihak CV Aneka Jaya adalah dengan membentuk mentor, yang mana hal ini didasari atas pentingnya komitmen dan pembagian tugas yang lebih terkontrol lagi. Setiap mentor akan diberi tanggung jawab dalam memimpin tim, namun tetap harus berkoordinasi dengan manajer. Dengan adanya mentor maka membuat sistem kontrol karyawan di CV Aneka Jaya menjadi lebih baik lagi. 2) Kendala dalam pengembangan struktur organisasi antara lain yaitu kinerja karyawan yang masih belum optimal dan kemampuan mentor masih kurang. Kemudian untuk beberapa keluhan yang sering dirasakan oleh pelanggan antara lain antrian panjang, cek barang kurang teliti, pelayanan lambat dan barang yang dicari sedang kosong.

Kata Kunci : Struktur Organisasi, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Intan Purnama Sari
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:36
Last Modified: 24 Nov 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29663

Actions (login required)

View Item View Item