Penerapan Program Tahfidz Al-Qur'an Di MTs Baitul Arqom Balung Jember Tahun 2022

Amalina, Fillah Audi (2023) Penerapan Program Tahfidz Al-Qur'an Di MTs Baitul Arqom Balung Jember Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fillah Audi Amalina_T20181301.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saat ini banyak lembaga pendidikan yang menjalankan kegiatan tahfidz Al-Qur’an, baik kegiatan tahfidz tersebut termasuk dalam muatan lokal (mulok) ataupun kegiatan ekstrakurikuler. Di MTs Baitul Arqom Balung program ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang masih baru berjalan selama tiga tahun. Program ini penting dilakukan untuk menjaga eksistensi dari Al-Qur’an dan juga sekolah MTs Baitul Arqom Balung menginginkan para alumni MTs Baitul Arqom hafal Al-Qur’an. Pelaksanaan program ini selain siswa menghafal tetapi juga agar memahami makna ayat yang dihafalkan agar dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan program tahfidz Al-Qur’an di MTs Baitul Arqom pada tahun 2022 ? 2) Bagaimana hasil dari penerapan program tahfidz Al-Qur’an di MTs Baitul pada tahun 2022? Adapun tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan program tahfidz Al-Qur’an di MTs Baitul Arqom pada tahun 2022 2) Untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan program tahfidz Al-Qur’an di MTs Baitul pada tahun 2022.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pemilihan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi nonpartisipan, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) Penerapan program tahfidz Al-Qur’an di MTs Baitul Arqom dilakukan secara bertahap yang dimulai dari tahap menghafal, tahap setor hafalan, tahap murajaah, dan tahap evaluasi. 2) Hasil dari penerapan program tahfidz Al-Qur’an di MTs Baitul Arqom Balung yaitu pencapaian hafalan siswa sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh sekolah, yaitu siswa paling sedikit harus dapat menghafal 1 juz. Hal ini dapat diketahui bahwa sebagian siswa di MTs Baitul Arqom telah menghafal 2 juz, 3 juz, bahkan ada yang telah menghafal 5 dan 7 juz. Dan juga dapat dilihat dari nilai evaluasi tahfidz bahwa sebagian besar siswa mendapatkan nilai A. Hasil pencapaian hafalan siswa ini dipengaruhi oleh faktor pendukung, yaitu kondisi fisik dan fikiran siswa; motivasi dari guru pembimbing; dan media pembelajaran, serta faktor penghambat penerapan program tahfidz Al-Qur’an, yaitu rasa malas dan alokasi waktu.

Kata Kunci : Penerapan Program Tahfidz Al-Qur’an, MTs Baitul Arqom Balung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Fillah Audi Amalina
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:58
Last Modified: 28 Nov 2023 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29670

Actions (login required)

View Item View Item