Integrasi Nilai-Nilai Karakter Islam dalam Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember.

ROFI’AH, SITI HAMIDAHTUR (2020) Integrasi Nilai-Nilai Karakter Islam dalam Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember. Masters thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
SITI HAMIDAHTUR ROFI’AH_0849418002.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Integrasi, Nilai Karakter Islam dan Pembelajaran Sains Adanya dikotomi antara ilmu agama dengan sains menjadikan seseorang hanya cerdas secara intelektual, ia tidak mengenal Tuhannya. Oleh sebab itu diperlukan penanaman nilai keagamaan dalam pembelajaran ilmu umum termasuk sains, sehingga agama dan sains dapat berjalan secara beriringan. MIMA 01 KH. Shiddiq Jember adalah lembaga yang melaksanakan pembelajaran sains terintegrasi dengan Nilai-Nilai Karakter Islam. Hal tersebut dapat diamati dalam kegiatan pembelajaran yang mengarah pada peningkatan kecerdasan spiritual siswa mata pelajaran sains. Fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana integrasi nilai syukur dalam pembelajaran sains di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember?, (2) Bagaimana integrasi nilai tanggung jawab dalam pembelajaran sains di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember? dan (3) Bagaimana integrasi nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran sains di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) integrasi nilai syukur dalam pembelajaran sains di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember, (2) integrasi nilai tanggung jawab dalam pembelajaran sains di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember dan (3) integrasi nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran sains di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Ismail Sukardi bahwa nilai karakter Islam merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang universal, baik dalam rangka berhubungan dengan Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, maupun lingkungan. Macam nilai karakter Islam menggunakan teori Marzuki bahwa nilai karakter Islam ada 64 karakter diantaranya: taat kepada Allah SWT, syukur, ikhlas, sabar, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik penentuan subyek penelitian dengan purposive. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Uji Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan tekhnik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Integrasi nilai syukur dalam pembelajaran sains di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember meliputi 3 hal diantaranya: mengakui nikmat yang diberikan oleh Allah, mengekspresikan syukur dengan lisan, dan menghindari perbuatan maksiat kepada Allah, Metode pembelajaran yang digunakan untuk mengintegrasikan nilai syukur dengan metode kisah (story telling). Mengekspresikan syukur dengan lisan siswa diajarkan untuk selalu mengucapkan alhamdulillah atas segala nikmat yang telah Allah berikan. (2) integrasi nilai tangung jawab dalam pembelajaran sains di MIMA 01 KH. Shiddiq v Jember dengan mengajarkan siswa untuk melaksanakan tugas individu/kelompok dengan baik, melaksanakan tugas tanpa disuruh dan membuat laporan setiap kegiatan dalam bentuk lisan maupun tertulis, nilai tanggung jawab tersebut diintegrasikan dalam Kompetensi Dasar sains (IPA) kelas V baik KD Pengetahuan maupun Keterampilan mulai dari KD 3.6, KD 4.6, KD 3.7, KD 4.7, KD 3.8, KD 4.8, KD 3.9 dan KD 4.9 (3) Integrasi nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran sains yang dilaksanakan di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember yaitu Pertama, memelihara lingkungan kelas, dengan cara memelihara lingkungan baik dengan cara membersihkan kelas, menata bangku dan menghias kelas dengan tanaman, Kedua, pembiasaan hemat energi dengan 3 langkah yang dikenal dengan gerakan 3 M artinya mematikan lampu dan peralatan listrik lainnya jika tidak digunakan, mencabut tusuk kontak listrik jika peralatan tak dipakai lagi, sera mengatur suhu AC di ruangan pada 25°C.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Program Magister > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:26
Last Modified: 23 Nov 2023 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29674

Actions (login required)

View Item View Item