ANALISIS KARYAWAN BMT BERBASIS SANTRITENTANG MENGAPLIKASIKAN SISTEM AKUNTANSI SYARIAH DALAM LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (StudiDeskriptif di BMT UGT Sidogiri CAPEM BalungJember)

SHOLFI, FAIQ RIFQI (2017) ANALISIS KARYAWAN BMT BERBASIS SANTRITENTANG MENGAPLIKASIKAN SISTEM AKUNTANSI SYARIAH DALAM LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (StudiDeskriptif di BMT UGT Sidogiri CAPEM BalungJember). Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
FAIQ RIFQI SHOLFI_083 112 055.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Analisis Karyawan (SDM), BMT (BaitulMaal wat Tamwil), Pesantren, Sistem Akuntansi. BMT UGT Sidogiri merupakan suatu lembaga keuangan mikro ekonomi syariah yang karyawannya berlatar belakang pendidikan pesantren. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, sebagai seorang tenaga kerja yang bernaung di bawah lembaga keuangan sudah tentu harus memahami sistem akuntansi untuk mempermudah mengakses setiap keluar masuknya keuangan yang terjadi dalam suatu lembaga keuangan tersebut. Selain itu karyawan juga harus menguasai teori akuntansi sehingga laporan keuangan yang di audit sinkron dengan data yang ada, jadi tidak hanya sekeda rmemasukkan data pada suatu sistem akan tetapi faham dengan data keuangan yang dimaksud. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi BMT UGT Sidogiri untuk memperkenalkan akuntansi sebagai sarana dalam menyusun laporan keuangan perusahaan. Namun tantangan tersebut terjawab dengan keberadaan BMT UGT Sidogiri yang mengalami pertumbuhan cukup membanggakan dibandingakan dengan lembaga kuangan syari’ah lainnya. BMT UGT Sidogiri membuktikan bahwasanya seorang santri juga bisa memajukan suatu perusahaan yang mereka bangun dan mampu mensejahterakan setiap karyawan dan anggota/nasabah yang bergabung. Demikian tersebut dikarenakan BMT UGT Sidogiri menganggap dan dapat membuktikan bahwa alumni peantren dipandang memiliki pengetahuan dasar tentang hukum ekonomi Islam baiksecara primer (Al-Qur’an – Hadits) maupun sekunder (ijtihad para ulama’). Selain itu untuk membentuk skill bagi para karyawannya dibidang teknologi BMT UGT Sidogiri mengadakan pelatihan-pelatihan khusus. Dari permasalahan tersebut di atas, menjadi daya tarik terendiri bagi peneliti untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentu kkarya ilmiah (Skripsi) dengan menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metoede skriptif analisis, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya seorang karyawan yang berlatar belakang pendidikan pesantren dapat membantu memajukan perekonomian Indonesia sebagaimana yang telah dibuktikan oleh BMT UGT Sidogiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:46
Last Modified: 23 Nov 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29678

Actions (login required)

View Item View Item