MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENJAHIT PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AL-IHSAN KARANGREJO SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mayangsari, Winda (2023) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENJAHIT PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AL-IHSAN KARANGREJO SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WINDA 17 OKTOBER 23 Watermak.pdf

Download (8MB)

Abstract

Motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih. Menjahit yaitu salah satu kegiatan yang dilakukan untuk anak usia dini sebagai upaya untuk mengembangkan motorik halus. Menjahit merupakan salah satu kegiatan kreativitas untuk anak dengan menggunakan tangan dan berfungsi untuk melihat keterampilan motorik halus.
Fokus pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana upaya mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menjahit pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Al-Ihsan Karangrejo Sumbersari Jember tahun ajaran 2022/2023? 2)
usia 4-5 tahun di RA
Mendeskripsikan bagaimana upaya mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menjahit pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Al-Ihsan Karangrejo Sumbersari Jember tahun ajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan menjahit dalam mengembangkan kemampuan motorik halus usia 4-5 tahun di RA Al-
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yakni menggambarkan kenyataan dan fakta sesuai dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan motorik halus pada kegiatan menjahit, dan juga untuk mengetahui respon terhadap kegiatan serta aktivitas anak selama proses pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa : 1) Upaya mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menjahit pada anak dapat menunjukkan kemampuan menggerakan anggota tubuhnya, terutama terjadinyanya koordinasi mata dan tangan sebagai persiapan untuk pengenalan menulis. 2) Pelaksanaan kegiatan menjahit dalam mengembangkan motorik halus anak dilakukan dengan cara anak mendengarkan dan menirukan guru yang memberikan contoh, setelah itu guru membagikan bahan dan peralatan yang sesuai dengan yang telah direncanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Winda Mayangsari
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:54
Last Modified: 23 Nov 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29683

Actions (login required)

View Item View Item