PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-POP UP BOOK BERBANTUAN MICROSOFT POWER POINT PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII MTSN 7 JEMBER

Nasuhaimi, Maulidian (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-POP UP BOOK BERBANTUAN MICROSOFT POWER POINT PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII MTSN 7 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAULIDIAN NASUHAIMI_T20197083.pdf

Download (12MB)

Abstract

Maulidian Nasuhaimi, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran E-pop up book Berbantuan Microsoft Power Point Pada Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII MTsN 7 Jember

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran E-pop up book, Segitiga dan Segiempat

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dapat mempengaruhi kehidupan manusia, misal pada bidang pendidikan yang didorong oleh dua hal tersebut. Penggunaan media menjadi salah satu penunjang kegiatan pembelajaran. Penggunaan media yang tepat dapat membantu pemahaman siswa mengenai materi yang dipelajari, terutama penggunaan media kreatif yang dapat meningkatkan gairah belajar siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh dapat maksimal dan baik.
E-pop up book merupakan sebuah elektronik berbentuk buku yang memiliki unsur 3 dimensi serta dapat bergerak ketika halamannya dibuka, disamping itu E-pop up book memiliki tampilan gambar yang indah. Dibandingkan dengan buku cerita yang biasa.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran E-pop up book berbantuan Microsoft powerpoint pada materi segitiga dan segiempat kelas VII MTsN 7 Jember. 2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran E-pop up book berbantuan Microsoft powerpoint pada materi segitiga dan segiempat kelas VII MTsN 7 Jember. 3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran E-pop up book berbantuan Microsoft powerpoint pada materi segitiga dan segiempat kelas VII MTsN 7 Jember.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model penelitian ADDIE. Pertama yaitu tahap analysis, kedua yaitu tahap design, ketiga yaitu tahap development, keempat yaitu tahap implementation, tahap terakhir yakni evaluation.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kevalidan media pembelajaran E-pop up book yang di dapat semua validator ahli. Yaitu ahli materi, ahli media, ahli soal dan ahli Bahasa. Adapun rincian masing-masing skor yang diperoleh dari para ahli adalah ahli materi mendapatkan nilai rata-rata yaitu 87%, ahli media mendapatkan nilai rata-rata yaitu 87%, ahli soal mendapatkan nilai rata-rata yaitu 96%, dan ahli Bahasa mendapatkan nilai rata-rata yaitu 90%. Maka rata-rata presentase 87 dengan kriteria “sangat valid”. 2) Kepraktisan media pembelajaran dari respon siswa sebesar 90,2% dari seluruh aspek yang dinilai dengan kategori “praktis” 3) Tingkat keefektifan media E-pop up book diketahui berdasarkan N-Gain Score sebesar 70,96% dengan kategori “cukup efektif” yang artinya bahwa pembelajaran menggunakan media E-pop up book dinyatakan efektif dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar matematika kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Maulidian Nasuhaimi
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:47
Last Modified: 23 Nov 2023 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29685

Actions (login required)

View Item View Item