Ṣalawât Menurut Al-Qur’an Dan Penerapannya Dalam Masyarakat (Studi Living Qur’an Pada Jam’iyyah Ṣalawât Al-Amin Ambulu Jember.

BAYHAKI, Mr (2017) Ṣalawât Menurut Al-Qur’an Dan Penerapannya Dalam Masyarakat (Studi Living Qur’an Pada Jam’iyyah Ṣalawât Al-Amin Ambulu Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
BAYHAKI_082 132 052.pdf

Download (10MB)

Abstract

Salah satu cara memuliakan dan meghormati Nabi yang diperintahkan secara langsung dalam Al-Qur’an adalah dengan Ṣalawât. Sebagaimana perintahNya dalam QS. Al-Ahzab 33: 56. Ṣalawât juga merupakan salah satu bentuk dzikir yang dianjurkan. Sedangkan dalam pengamalannya harus memperhatikan etika yang tercantum dalam surat al A’raf: 205. Salah satu komunitas Ṣalawât, yaitu Jam’iyyah Ṣalawât al-Amin yang berpusat di Ambulu Jember mempunyai kegiatan rutinan Ṣalawât setiap malam jum’at legi yang diikuti oleh ribuan jam’ah. Akan tetapi dalam prakteknya ditemukan beberapa hal yang kurang memperhatikan etika berdzikir (berṣalawât). Maka dari itu peneliti tertarik untuk mendalami fenomena tersebut sekaligus mencari jawaban bagaimana sebenarnya pemahaman dan aplikasi Ṣalawât dari Jam’iyyah Ṣalawât al-Amin. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep Ṣalawât dalam Al-Qur’an? 2) Mengetahui praktik pengamalan Ṣalawât di jam’iyyah Ṣalawât Al-Amin Ambulu Jember. Tujuan peneliti ini adalah: 1) Memahami konsep Ṣalawât dalam AlQur’an 2) Mengetahui praktik pengamalan Ṣalawât di jam’iyyah Ṣalawât AlAmin Ambulu Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verification. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil peneliti ini maka dapat disimpulkan konsep Ṣalawât dalam Al-Qur’an Surah Al-Ahzab 33: 56 : ي ِ ل ْ َس وا ت ُ م ِ لّ َ س َ و ِ ه ْ لَي َ وا ع ُّ ل َ ُوا ص ن َ آم َ ين ِ ا الَّذ َ ه ُّ أَي َ ِ َي ّ لَى النَِّب َ وَن ع ُّ ل َ ُص ي ُ ه َ َكت ِ ََلئ َ م َ و َ َّن ا ََّّلل ِ إ ا ً م “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berṣalawât untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berṣalawâtlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” secara garis besar praktek kegiatan jam’iyyah Ṣalawât Al-Amin Ambulu Jember berisi hal-hal yang positif. Seperti dzikir bersama, ajang silaturrahim, serta doa bersama. Akan tetapi ada beberapa hal yang dinilai kurang memperhatikan etika berdzikir dan mengganggu kehusyu’an jama’ah lain. Seperti adanya sebagaian jama’ah yang joget-joget dan mengibarkan bendera. Kemudian pada saat pembacaan Ṣalawât Al-Amin kebanyakan para jam’iyyah Ṣalawât AlAmin tidak faham artinya apa yang dibaca Ṣalawât Al-Amin Ambulu Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:46
Last Modified: 23 Nov 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29691

Actions (login required)

View Item View Item