Analisis Strategi Bersaing Berbasis Internet Pada Kafe Nyonyor Untuk Menarik Minat Konsumen Di Rest Area Jubung Kabupaten Jember.

ROHMATILLAH, INDAH (2019) Analisis Strategi Bersaing Berbasis Internet Pada Kafe Nyonyor Untuk Menarik Minat Konsumen Di Rest Area Jubung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
INDAH ROHMATILLAH_083 144 109.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bisnis adalah suatu kegiatan usaha yang dilakukan individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan memperoleh keuntungan melalui transaksi. Adapun fokus penelitian yang dirumuskan terdapat tiga fokus yang diteliti oleh peneliti diantaranya: 1) Bagaimana srategi pemasaran yang dilakukan Kafe Nyonyor di dalam menjalankan usahanya agar dapat tetap bertahan dalam persaingan? 2) Faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dilakukan Kafe Nyonyor untuk tetap menarik minat konsumen? 3) Kendala apa saja yang di alami oleh Kafe Nyonyor dalam upaya menarik minat konsumen? Sementara tujuan dari penelitian ialah untuk untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan pada kafe nyonyor dalam menjalankan usahanya agar dapat tetap bertahan dalam persaingan, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dilakukan oleh kafe nyonyor untuk tetap menarik minat konsumen dan untuk mengetahui kendala apa saja yang yang di alami oleh kafe nyonyor dalam upaya menarik minat konsumen. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan penelitian lapangan. Sementara teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, untuk analisis data peneliti menggunakan tiga hal diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu untuk keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Dengan demikian peneliti memperoleh kesimpulan 1) ada tiga strategi pemasaran yang dilakukan kafe nyonyor di dalam menjalankan usahanya yaitu a) Strategi Keunggulan Biaya, b) Strategi Diferensiasi, c) Strategi Kompetitif. 2) faktor prndukung dan penghambat untuk meningkatkan usahanya dibidang kuliner ialah: a) tidak merubah rasa, b) meningkatkan tampilan penyajian, c) meningkatkan pelayanan yang ramah, sopan, dan cepat, d) menjaga kualitas tiap menu sajian, e) menawarkan beberapa promo, f) menyediakan fasilitas gratis, g) menambah jam buka, sehingga bisa lebih lama, g) melakukan kerja sama dengan ojek online guna untuk melayani pelanggan yang tidak bisa datang ketempat langsung. 3) beberapa kendala yang dialami kafe nyonyor anatara lain: a) adanya kenaikan bahan baku, b) jika chef berhalanan hadir karena sakit dan lain seaagainya, c) jika mahasiswa/pelajar libur. Kata kunci : analisis strategi bersaing berbasis internet

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:46
Last Modified: 23 Nov 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29692

Actions (login required)

View Item View Item