aula khafili, wilda (2017) PENERAPAN KECERDASAN MAJEMUK DI TK TERPADU BAITURROHIM JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
Wilda Aula Khafili_ 084 101 306.pdf Download (8MB) |
Abstract
Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah yang paling sempurna di antara makhluk-makhluk lainnya. Manusia diberi kelebihan yang berupa akal agar manusia dapat menggunakan akalnya untuk berpikir dan mengambil pelajaran tentang semua ciptaan Allah yang ada di bumi ini. Manusia dilahirkan ke dunia ini dengan membawa berbagai potensi dasar atau fitrah yang harus dikembangkan secara optimal. Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Anak usia dini berada pada rentang usia 0-8 tahun. Kemampuan anak-anak seluas samudra, berarti pasti banyak potensi yang terpendam dalam dirinya, seperti halnya samudra dengan berbagai potensi kekayaan alamnya. Berbagai potensi terpendam merupakan harta karun orang tua yang ada dalam diri anak yaitu kecerdasan majemuk atau muiltiple intellligences. Multiple Intelligences merupakan teori kecerdasan yang dikemukakan oleh Howard Gardner, seorang psikolog dari Harvard University, bahwa setiap orang punya kecenderungan kecerdasan dari sembilan kecerdasan, yaitu cerdas bahasa (linguistik), cerdas matematis-logis (kognitif), cerdas gambar dan ruang (visual-spasial), cerdas musik, cerdas gerak (kinestetik), cerdas bergaul (interpersonal), cerdas alam dan cerdas eksistensial dan cerdas spiritual. Dalam hal ini, fokus penelitian dikembangkan pada tiga arah, 1) bagaimana penerapan kecerdasan linguistik di TK Terpadu Baiturrohim ? 2) bagaimana penerapan kecerdasan kinestetik di TK Terpadu Baiturrohim? 3) bagaimana penerapan kecerdasan spiritual di TK Terpadu Baiturrohim Tujuan penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan penerapan kecerdasan lingusitik di TK Terpadu Baiturrohim Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) mendeskripsikan penerapan kecerdasan kinestetik di TK Terpadu Baiturrohim Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) mendeskripsikan penerapan kecerdasan spiritual di TK Terpadu Baiturrohim 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview, dan dokumetasi. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan bagian akhir penguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan pengumpulan data di ata, maka hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasanya, penerapan kecerdasan majemuk di TK Terpadu Baiturrohim Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 menerapkan tiga kecerdasan : 1) penerapan kecerdasan linguistik di TK Terpadu Baiturrohim Jenggawah Jember sudah terlaksana dengan baik, hal ini dalam menerapkan kecerdasan ini dengan menggunakan metode bercerita agar x dapat merangsang kemampuan anak dalam berbahasa, menyimak, dan mendengarkan. 2) penerapan kecerdasan kinestetik di TK Terpadu Baiturohim Jenggawah Jember sudah terlaksana dengan baik, dalam menerapkannya guru menggunakan metode bermain karena sangat penting sekali untuk pertumbuhan peserta didiknya terutama dalam hal fisik, karena dapat melatih seluruh bagian tubuh dan dapat mengembangkan otot-ototnya. 3) penerapan kecerdasan spiritual di TK Terpadu Baiturrohim Jenggawah Jember sudah berjalan dengan baik, dalam menerapkannya guru menggunakan metode pembiasaan karena dapat memudahkan peserta didiknya untuk menghafal dan melaksanakannya di rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:46 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29693 |
Actions (login required)
View Item |