Analisis Penggunaan Tiktok Sebagai Media Dakwah di Kalangan Remaja (Telaah pada Akun Agam Fachrul, Husain Basyaiban, Husein Ja'far, Syamsuddin dan Syakir Daulay)

Izzaka, Arini (2023) Analisis Penggunaan Tiktok Sebagai Media Dakwah di Kalangan Remaja (Telaah pada Akun Agam Fachrul, Husain Basyaiban, Husein Ja'far, Syamsuddin dan Syakir Daulay). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ARINI IZZAKA 2023.pdf

Download (5MB)

Abstract

Abstrak
Media dakwah sekarang sudah mengalami perkembangan sesuai zamannya. Dengan adanya perkembangan teknologi yang memudahkan untuk berkomunikasi membuat para penda’i memanfaatkan sebagai media untuk menyalurkan dakwahnya. Sebuah media dakwah dipilih dengan tujuan untuk menyampaikan pesan dakwah, maka dari itu sebagai pendakwah harus terlebih dahulu melihat kondisi mesyarakat sosial untuk memilih media seperti apa yang sesuai dan memudahkan dalam memahami pesan-pesan yang disampaikan. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi Tiktok sebagai media untuk berdakwah di kalangan remaja, karena Tiktok merupakan aplikasi paling populer saat ini di semua kalangan, baik anak-anak sampai dewasa dan terkhusus para remaja.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penyajian Tiktok sebagai media dakwah di kalangan remaja oleh konten kreator? Dan 2. Bagaimana sajian konten dakwah di Tiktok tersebut dapat mencapai FYP (For Your Page)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang biasa digunakan oleh konten kreator dakwah dalam mencapai FYP sebagai distribusi pesan dakwah. Jika tujuan diatas tercapai, maka dapat diketahui bagaimana strategi yang sesuai untuk pendistribusian konten dakwah sehingga Tiktok dapat dimanfaatkan dalam Pendidikan, terutama pada informasi pengetahuan agama Islam. Dan apakah penggunaan aplikasi ini dinilai efisien untuk digunakan sebagai salah satu media dakwah yang baik sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.
Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis isi (content analysis), dengan hasil akhir disajikan dalam bentuk tertulis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Sedangkan untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang telah ditemukan adalah sebagai berikut: 1. Membuat konten yang menarik, menyelipkan argumentasi dengan landasan agama yang kuat, pembawaan yang mudah dipahami dan enak didengar, menggunakan topik pembahasan yang tidak monoton dan sesuai dengan permasalahan yang sering dialami oleh remaja. 2. Memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi Tiktok, menyatu dengan penonton, dapat mengatur akun sesuai kebutuhan dan konsisten terhadap pengunggahan video.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arini Izzaka Arini
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:32
Last Modified: 24 Nov 2023 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29697

Actions (login required)

View Item View Item