ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM GREBEK KAMPUNG JEMBER-1TV (Studi Masyarakat Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember terhadap Program Hiburan Grebek Kampung Jember-1TV)

Rida, Ainur (2017) ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM GREBEK KAMPUNG JEMBER-1TV (Studi Masyarakat Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember terhadap Program Hiburan Grebek Kampung Jember-1TV). Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

This is the latest version of this item.

[img] Text
AINUR RIDA_082 121 017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelaksanaan produksi hiburan program Grebek Kampung berbeda dengan acara hiburan lainnya. Salah satunya, artis yang menghibur berpenampilan “apa adanya”, dari segi make up, dan lainnya. Semua itu murni kreatifitas masyarakat sendiri tanpa adanya campur tangan tim professional dari pihak televisi. Adanya keterbukaan menampilkan potensi diri meski dengan modal “pas-pasan”, menjadikan acara terkesan menghibur, menarik dan unik pula. Gambaran ini menyisakan pertanyaan tentang persepsi masyarakat teradap program tersebut, sebab sesuai asumsi dasar persepsi bahwa tidak ada individu yang mempersepsi realitas persis sama. Fokus masalah yang diteliti adalah: Bagaimana persepsi Masyarakat Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember terhadap Program Hiburan Grebek Kampung?, disertai sub masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana persepsi positif masyarakat Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember terhadap Program Hiburan Grebek Kampung?, (2) Bagaimana Persepsi Negatif Masyarakat Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember terhadap Program Hiburan Grebek Kampung?. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Reseach-fenomenologi tentang persepsi baik atau buruk masyarakat terhadap objek berupa program hiburan Grebek Kampung Jember1TV. Lokasi penelitian di Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember terhadap lima orang informan menggunakan snowball, dilakukan sejak tanggal 27 Maret samapai 27 Desember Tahun 2016. Pengumpulan data ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Analisa data peneliti menggunakan model Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menghasilkan data bahwa masyarakat terhadap program Grebek Kampung sebagai suatu hiburan. Persepsi masyarakat berkaitan dengan baik dan buruk, namun dari lima informan yang diteliti. Penilaian para informan lebih condong pada persepsi baik. Persepsi yang dihasilkan tidak pernah persis sama meskipun mempersepsi objek sama, perbedaan itu dilihat dari kecondongan para informan dengan menggunakan alat pengukur persepsi tersebut. Persepsi ini dapat dukur dari lima aspek yang dialami oleh informan, yaitu proxemics, kinesis, petunjuk wajah, paralinguistik dan artifaktual. Kata Kunci : Persepsi, Program Grebek Kampung Jember-1TV dan Kualitatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080607 Information Engineering and Theory
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:11
Last Modified: 23 Nov 2023 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29700

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item