IMPLEMENTASI BIMBINGAN ROHANI MELALUI PROGRAM BENGKEL IMAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN RUHANIAH SISWA DI SMA NEGERI 1 BESUKI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ayu susanti, liana (2016) IMPLEMENTASI BIMBINGAN ROHANI MELALUI PROGRAM BENGKEL IMAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN RUHANIAH SISWA DI SMA NEGERI 1 BESUKI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
LIANA AYU SUSANTI_084 121 034.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada hakikatnya bimbingan merupakan salah satu program yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Masalah belajar dan sosial timbul karena seorang siswa sedang mengalami masalah dalam ruhaninya. Hal ini adalah dampak perkembangan yang tidak diimbangi dengan kesiapan mental dalam mengkonsumsi dan meamfaatkan tekhnologi serta lingkungan yang ikut mempengaruhi hal tersebut. Dalam hal ini meningkatkan kecerdasan ruhaniah siswa perlu dilakukannya bimbingan terhadap siswa yang bermasalah tersebut yang disebut dengan bimbingan rohani. Fokus penelitian yang di teliti adalah, 1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan rohani melalui program bengkel iman dalam meningkatkan kecerdasan ruhaniah siswa di SMAN 1 Besuki tahun pelajaran 2015/2016? 2) Bentuk bimbingan rohani apa saja yang ada dalam program bengkel iman dalam meningkatkan kecerdasan ruhaniah siswa di SMAN 1 Besuki Tahun Pelajaran 2015/2016? 3) Apa saja kendala yang di hadapi dalam memberikan bimbingan rohani melalui program bengkel iman dalam meningkatkan kecerdasan ruhaniah siswa di SMAN 1 Besuki tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan, bentuk bimbingan, dan kendala bimbingan rohani melalui program bengkel iman dalam meningkatkan kecerdasan ruhaniah siswa di SMAN 1 Besuki tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan. Metode yang digunakan antara lain: observasi, interview, dan dokumentasi. Penentuan informan penelitian menggunakan tekhnik purposive sampling. Analisis data menggunakan 1) Reduksi data 2) Penyajian data 3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan Bimbingan rohani melalui Program bengkel iman dalam meningkatkan kecerdasan ruhaniah di SMAN 1 Besuki melibatkan banyak orang yang memiliki keahlian yang berbeda-beda, tetapi semuanya menyumbang saran, pendapat dan pikiran. Tahap awal yang dilakukan dalam program tersebut adalah: (a) Pengumpulan data (b) Koordinasi, dan (c) Pengawasan 2) Bentuk bimbingan rohani melalui program bengkel iman dalam meningkatkan kecerdasan ruhaniah siswa di SMAN 1 Besuki yaitu (a) Shalat berjama’ah (b) Membaca Alquran, dan (c) Bimbingan psikologis 3) Kendala yang di hadapi dalam memberikan bimbingan rohani melalui program bengkel iman dalam meningkatkan kecerdasan ruhaniah siswa di SMAN 1 Besuki terdapat dua kendala yaitu (a) kendala internal dan (b) Kendala eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:12
Last Modified: 23 Nov 2023 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29701

Actions (login required)

View Item View Item