Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPS Di SMPN 1 Lenteng Sumenep Madura Tahun Ajaran 2022-2023

Martiana, Ashofa Nurika (2023) Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPS Di SMPN 1 Lenteng Sumenep Madura Tahun Ajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN kiai haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Sofa Terbari fix (1).pdf

Download (19MB)

Abstract

Ashofa Nurika Martiana, 2023: Penerapan Metode Demonstrasi Pada
Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Di SMPN 1 Lenteng
Sumenep Madura Tahun Ajaran 2022-2023
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS
Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan motivasi belajar
siswa. Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi
dalam belajar. motivasi diartikan sebagai kekuatan, dorongan, kebutuhan,
semangat, tekanan, atau mekanisme psikologis yang mendorong seseorang atau
sekelompok orang untuk mencapai prestasi tertentu sesuai dengan apa yang
dikehendakinya.
Fokus Masalah yaitu: (1) Bagaimana perencanaan Penerapan Metode
Demonstrasi Pada Pembelajaran IPS di SMPN 1 Lenteng Sumenep Pada Tahun
Ajaran 2022/2023? (2) Bagaimana pelaksanaan/Penerapan Metode Demonstrasi
Pada Pembelajaran IPS di SMPN 1 Lenteng Sumenep Pada Tahun Ajaran
2022/2023? (3) Bagaimana evaluasi Penerapan Metode Demonstrasi Pada
Pembelajaran IPS di SMPN 1 Lenteng Sumenep Pada Tahun Ajaran 2022/2023?
Tujuan Penelitian yaitu: (1) Mendeskripsikan perencanaan Penerapan
Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPS di SMPN 1 Lenteng Sumenep Pada
Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan/Penerapan Metode
Demonstrasi Pada Pembelajaran IPS di SMPN 1 Lenteng Sumenep Pada Tahun
Ajaran 2022/2023. (3) Mendeskripsikan evaluasi Penerapan Metode Demonstrasi
Pada Pembelajaran IPS di SMPN 1 Lenteng Sumenep Pada Tahun Ajaran
2022/2023.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
interview dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang di gunakan
peneliti adalah model interaktif.
Adapun hasil penelitian yaitu: (1) Perencanaan yang dilakukan terdapat
beberapa hal sebagai berikut: a. guru melakukan pemetaan materi, b. Memadukan
metode yang akan digunakan dengan materi, c. pemilihan media yang akan
diperagakan dalam demonstrasi, d. melihat suasana siswa, e. menyusun tujuan
yang dingin dicapai dalam pembelajaran. (2) Untuk menerapkan metode
demonstrasi dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Lenteng
memiliki beberapa langkah yang dilakukan, diantaranya: a. Pembukaan, b.
Penyampaian materi, c. Menyampaikan tujuan pembelajaran, d. Pembagian
kelompok, e. Demonstrasi guru, f. Demonstrasi kerajinan setiap kelompok. (3)
Evaluasi dilihat melalui tugas ulangan untuk melihat pemahaman materi yang
didapat oleh siswa, selama pelaksanaan metode demonstrasi dapat dikatakan
mengalami peningkatan hal ini bisa dilihat pada respon siswa selama
pembelajaran. Pada pembahasan sebelumnya telah disebutkan bahwa bahwa
kemnafaatan dalam penggunaan metode demontrasi dapat menumbuhkan
semangat atau motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Ashofa Nurika Martiana
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:41
Last Modified: 24 Nov 2023 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29712

Actions (login required)

View Item View Item