PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK MENURUT AL-QUR’AN PERSPEKTIF USTADZ ADI HIDAYAT DI YOUTUBE

Nufusul, Adzkiya' (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK MENURUT AL-QUR’AN PERSPEKTIF USTADZ ADI HIDAYAT DI YOUTUBE. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nufusul Adzkiya'_U20191114.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nufusul Adzkiya’, 2023: Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Menurut Al-qur’an Perspektif Ustadz Adi Hidayat Di Youtube.

Peran orang tua adalah orang tua yang memberikan masukan atau pertimbangan berupa pandangan dan pola pikir berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki, serta pengalaman yang memberikan pengaruh secara pribadi untuk mendukung keputusan yang di ambil oleh si anak. Hadirnya seorang anak memang akan menjadi pelengkap kebahagiaan orang tuanya. Namun, kebanyak orang terkadang tidak benar-benar menyadari serta memahami makna dari keberadaan anak dalam kehidupannya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana penafsiran Ustadz Adi Hidayat tentang cara mendidik anak dalam al-Qur’an?.2)Bagaimana karakteristik kelisanan dalam tafsir Ustadz Adi Hidayat tentang cara mendidik anak dalam al-Qur’an?. Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk menjelaskan tafsir lisan Ustadz Adi Hidayat tentang peran orang tua dalam mendidik anak dalam al-Qur’an.2)Untuk mendeskripsikan karakteristik kelisanan dalam tafsir Ustadz Adi Hidayat tentang cara mendidik anak dalam Al-Qur’an.
Penelitian ini merupakan macam penelitian kepustakaan, yang biasa di sebut (library research),dimana data-data dan bahan kajian yang dibutuhkan dapat diperoleh melalui sumber kepustakaan. Adapun data yang hendak di investigasi adalah sesuatu yang memiliki keterkaitan pada sosok ustadz Adi Hidayat dan penafsirannya terhadap ayat tentang peran orang tua dalam mendidik anak yang telah berbentuk dokumentasi berupa rekaman video di youtube channel ceramah pendek. Pada umumnya metode yang di gunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian metode penelitian kualitatif (qualitative research).
Adapun hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Ustadz Adi Hidayat menyampaikan dalam ceramahnya bahwa konsep pendidikan anak di dalam Al-Qur‟an sudah di mulai sejak anak berada dalam kandungan. 2) Penafsiran Ustadz Adi Hidayat memiliki lima dari Sembilan karakteristik kelisanan yang ditawarkan oleh Walter J. Ong, yakni aditif ali-alih subordinatif, berlebih-lebihan atau panjang lebar, dekat dengan kehidupan sehari-hari, empatif atau partisipatif alih-alih berjarak objektif dan bergantung alih-alih abstrak. Dalam menyampaikan penjelasan, Ustadz Adi Hidayat banyak menggunakan contoh kehidupan sehari-harinya atau berdasarkan pengalaman pribadinya yang tak lain juga termasuk pada karakteristik kelisanan, yakni dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Peran Orangtua,Al-Qur’an,Ustadz Adi Hidayat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Perpustakaan Nufusul Adzkiya'
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:06
Last Modified: 24 Nov 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29722

Actions (login required)

View Item View Item