TAFSIR LISAN ADI HIDAYAT TENTANG HUKUM MUSIK DALAM TINJAUAN AL-QUR’AN PERSPEKTIF KARAKTERISTIK KOMUNIKASI H.D. LASWELL

Ni'matus, Sa'idah (2023) TAFSIR LISAN ADI HIDAYAT TENTANG HUKUM MUSIK DALAM TINJAUAN AL-QUR’AN PERSPEKTIF KARAKTERISTIK KOMUNIKASI H.D. LASWELL. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Revisi Skripsi Niam WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh musik begitu nyata dalam kehidupan manusia, dengan kata lain musik bisa memberi inspirasi kepada manusia untuk berlaku positif maupun sebaliknya, tinggal bagaimana musik itu disajikan. Islam sudah memberikan batasan-batasan hukum dalam bermusik. Meskipun para ulama sering kali memiliki suatu pandangan hukum yang berbeda dalam hal musik.
Fokus kajian pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana hukum musik dalam tinjauan Al-Qur’an kajian tafsir lisanAdi Hidayat?, 2) Bagaimana karakteristik komunikasi Adi Hidayat dalam kajian tafsir lisan teori H.D. Laswell?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk memberi pemahaman serta wawasan mengenai hukum musik dalam tinjauan Al-Qur’an pada kajian Adi Hidayat, 2) Untuk menjelaskan karakteristik komunikasi tafsir lisan Adi Hidayat dengan menggunakan teori H.D. Laswell.
Penelitian ini bersifat kepustakaan atau library research dengan menggunakan pendekatan etnografi virtual. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah video ceramah Adi Hidayat pada platform media Youtube. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur yang relevan dengan objek yang dikaji.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Adi Hidayat membahas tentang hukum musik dalam tinjauan Al-Qur’an, baik yang pro maupun yang kontra, para ulama yang mengharamkan mutlak hanya untuk kehati-hatian saja dan yang memperbolehkan itu hanya mendukung pada nilai-nilai kebaikan dan dibenarkan oleh agama. 2) Karakteristik ceramah Adi Hidayat di sosial media menggunakan teori Harold Dwight Laswell yang mana karakteristik tersebut diantaranya : Who (siapa), Says Whats (apa pesan yang digunakan), In Which Channel(sumber apa yang digunakan), To Whom (siapa komunikan), dan Witha What Effect (apa sesuatu yang didapatkan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hukum Musik, Tafsir Lisan, Adi Hidayat
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mrs Ni'matus Sa'idah
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:25
Last Modified: 24 Nov 2023 06:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29726

Actions (login required)

View Item View Item