miftah, sofyan (2016) PENGARUH HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ASOSIATIF SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 SUKOWONO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
Sofyan Miftah_084 121 254.pdf Download (8MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaannya memerlukan dukungan orang tua di rumah, guru di sekolah serta tokoh masyarakat di lingkungan. Dan kesemua lingkungan ini merupakan bagian integral dari pelaksanaan pendidikan yang berarti pula tempat dilaksanakannya pendidikan dengan interaksi sosial yang baik, karena interaksi sosial itu sendiri merupakan tumpuan perhatian dalam Islam. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini secara umum adalah Adakah pengaruh Hasil Belajar PAI terhadap Interaksi Sosial Asosiatif siswa di SMPN 1 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Secara khusus dibagi tiga sub masalah yaitu 1) Adakah pengaruh Hasil Belajar PAI terhadap Interaksi Sosial Asosiatif Keja Sama siswa Kelas VIII di SMPN 1 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?, 2) Adakah pengaruh Hasil Belajar PAI terhadap Interaksi Sosial Asosiatif Akomodasi siswa Kelas VIII di SMPN 1 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?, 3) Adakah pengaruh Hasil Belajar PAI terhadap Interaksi Sosial Asosiatif Asimilasi siswa Kelas VIII di SMPN 1 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan secara umum adalah untuk mengetahui pengaruh Hasil Belajar PAI terhadap Interaksi Sosial Asosiatif siswa Kelas VIII di SMPN 1 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan Khusus terbagi menjadi tiga yaitu 1) Mengetahui pengaruh Hasil Belajar PAI terhadap Interaksi Sosial Asosiatif Keja Sama siswa Kelas VIII di SMPN 1 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, 2) Mengetahui pengaruh Hasil Belajar PAI terhadap Interaksi Sosial Akomodasi siswa Kelas VIII di SMPN 1 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, 3) Mengetahui pengaruh Hasil Belajar PAI terhadap Interaksi Sosial Asimilasi siswa Kelas VIII di SMPN 1 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan paradigma penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis product moment. Kesimpulan dari penelitian ini secara umum adalah terdapat pengaruh positif yang sedang Hasil Belajar PAI terhadap Interaksi Sosial Asosiatif siswa Kelas VIII di SMPN 1 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 karena rhitung > rtabel (0,425 > 0,2684). Kesimpulan khusus menjadi tiga yaitu (1) Terdapat pengaruh positif yang rendah Hasil Belajar PAI terhadap Interaksi Sosial Asosiatif Kerja Sama Kepada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 karena rhitung > rtabel (0,278 >0,2684). (2) Terdapat pengaruh positif yang rendah Hasil Belajar PAI terhadap Interaksi Sosial Asosiatif Akomodasi siswa Kelas VIII di SMPN1 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 karena rhitung > rtabel (0,270>0,2684). (3) Terdapat pengaruh positif yang rendah Hasil Belajar PAI terhadap Interaksi Sosial Asosiatif Asimilasi siswa Kelas VIII di SMPN1 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 karena rhitung > rtabel (0,347>0,2684).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 02:18 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 02:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29736 |
Actions (login required)
View Item |