Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan KPR iB Muamalat dengan Akad Musyarakah Mutanaqishah pada PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Situbondo.

Jannah, Aisyatul (2018) Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan KPR iB Muamalat dengan Akad Musyarakah Mutanaqishah pada PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Situbondo. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Aisyatul Jannah_083143137.pdf

Download (19MB)

Abstract

KPR iB Muamalat merupakan salah satu pembiayaan yang menggunakan akad musyarakah mutanaqishah untuk memenuhi kebutuhan papan yang dimiliki oleh Bank Muamalat yang mana pembiayaan ini memiliki keunggulan diantaranya memudahkan nasabah dalam memiliki rumah dengan cicilan yang ringan, dengan jangka waktu maksimal 15 tahun dan porsi kepemilikan rumah akan berpindah langsung kepada pihak nasabah ketika nasabah melunasi angsurannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : a) Bagaimana mekanisme operasional pembiayaan KPR iB Muamalat dengan akad Musyarakah Mutanaqishah pada PT. Bank Muamalat KCP Situbondo ? b) Bagaimana penerapan manajemen risiko pembiayaan KPR iB Muamalat pada PT Bank Muamalat KCP Situbondo ? Tujuan penelitian ini adalah : a) Untuk mengetahui mekanisme operasional pembiayaan KPR iB Muamalat pada PT. Bank Muamalat KCP Situbondo, b) Untuk mengetahui penerapan manajemen risiko pembiayaan KPR iB Muamalat pada PT Bank Muamalat KCP Situbondo. Penelitian ini dilakukan di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Situbondo dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif yaitu dimana penulis mendeskripsikan suatu kejadian yang tertuju pada satu fokus objek penelitian yang dilakukan di Bank Muamalat. Subyek penelitian yaitu diambil dengan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: a) mekanisme operasional pembiayaan KPR iB Muamalat dengan akad musyarakah mutanaqishah pada PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Situbondo melalui tahapantahapan yang dimulai dari pengajuan permohonan pembiayaan, pengecekan kelengkapan berkas permohonan pembiayaan sampai pembayaran angsuran, b) penerapan manajemen risiko pembiayaan KPR iB Muamalat pada PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Situbondo terdiri dari 6 karakter diantaranya : kebijakan dan prosedur manajemen risiko, limit risiko, identifikasi risiko pembiayaan KPR iB Muamalat dengan cara pengecekan kembali sesuai prinsip 5C, pengumpulan data mengenai laporan keuangan dan legalitas jaminan nasabah. Penilaian risiko menggunakan kategori perhatian dan perhatian khusus. Pengendalian risiko dengan cara memperkecil risiko, musyawarah, restructuring dan rescheduling. Tahap terakhir yaitu dengan monitoring nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:08
Last Modified: 24 Nov 2023 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29740

Actions (login required)

View Item View Item