Pengaruh Penerapan Collateral (Jaminan) Terhadap Default Risk (Risiko Gagal Bayar) Pada Bank Central Asia (BCA) KCP Besuki-Situbondo

NURIYANI, Ms (2018) Pengaruh Penerapan Collateral (Jaminan) Terhadap Default Risk (Risiko Gagal Bayar) Pada Bank Central Asia (BCA) KCP Besuki-Situbondo. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
NURIYANI_083143079.pdf

Download (10MB)

Abstract

Default Risk merupakan risiko gagal bayar terhadap sejumlah pinjaman kredit yang telah dipinjam. dimana nasabah tidak menggunakan dana kredit sesuai dengan perjanjian antara pihak bank dan nasabah pada awal pengajuan kredit. Jika resiko tersebut terjadi maka pihak bank akan dirugikan. Sehingga untuk meminimalisir terjadinya resiko tersebut pihak bank harus menerapkan manajemen risiko dimana bank menggunakan sebuah strategi untuk mengelola risiko-risiko terkait perkreditan yang disalurkan oleh bank kepada nasabah. Untuk melindungi uang yang dikucurkan lewat kredit dari risiko kerugian, maka pihak perbankan membuat pagar pengamanan. Resiko kredit macet tidak dapat dihindari. Pagar pengamanan yang dibuat biasannya berupa jaminan yang harus disediakan debitur. Agunan merupakan hal yang paling diutamakan untuk mendapatkan keyakinan bagi bank atas dana yang disalurkan dalam bentuk kredit. Tujuan jaminan adalah untuk melindungi kredit dari risiko kerugian, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.. Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan bahwa: (1) apakah penerapan Collateral (jaminan) berpengaruh terhadap Default Risk (risiko gagal bayar) pada bank central asia (BCA) kcp besuki-situbondo? (2) seberapa besar pengaruh penerapan Collateral (jaminan) terhadap Default Risk (risiko gagal bayar) pada bank central asia (BCA) kcp besuki-situbondo? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan Collateral (jaminan) terhadap Default Risk (risiko gagal bayar) pada bank central asia (BCA) kcp besuki-situbondo. Dan untuk mengetahui besar pengaruh penerapan Collateral (jaminan) terhadap Default Risk (risiko gagal bayar) pada bank central asia (BCA) kcp besuki-situbondo. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode analisis, uji validitas dan reliabilitas, uji regresi sederhana menggunakan uji hipotesis dan uji determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara Collateral (barang jaminan) terhadap Default Risk (resiko gagal bayar) di PT. BCA KCP Besuki situbondo terbukti dari hasil thitung > ttabel atau 3,674 > 1.708, dengan nilai signifikansinya sebesar 0,001 < 0,05 maka Ha yang diterima dan Ho ditolak artinya dapat dikatakan ada pengaruh yang signifikan antara Collateral (barang jaminan) terhadap Default Risk (resiko gagal bayar). Sedangkan Berdasarkan Besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0,325. Hal ini berarti defaul risk (Y) dapat dipengaruhi oleh Collateral (X) adalah sebesar 32,5 %, dan sisanya sebesar 67,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Collateral (barang jaminan) dan Default Risk (resiko gagal bayar)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:08
Last Modified: 24 Nov 2023 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29741

Actions (login required)

View Item View Item