PENGUATAN MATERI PEMBELEJARAN FIQH WANITA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMA NEGERI AMBULU

hadi, abdul (2016) PENGUATAN MATERI PEMBELEJARAN FIQH WANITA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMA NEGERI AMBULU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ABDUL HADI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam sebuah proses pembelajaran melalui kegiatan ektrakulikuler keagamaan terkait fiqh wanita sangat penting untuk ditingkatkan mengingat pemahaman keagamaan merupakan salah satu pokok bahasan materi pendidikan agama Islam yang wajib diajarkan di SMA Negeri Ambulu. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru dapat berusaha dengan memberi penguatan (reinforcement) dalam sebuah pembelajaran, Siswa membutuhkan penguatan dalam belajar karena penguatan merupakan penghargaan yang dapat menimbulkan dorongan dan semangat dalam belajar, dorongan dan semangat dalam belajar berpengaruh terhadap minat siswa untuk meningkatkan hasil belajar mereka, berbagai upaya pendekatan yang dilakukan oleh guru salah satunya adalah pemberian penguatan (reinforcement) yang melalui kegiatan ekstrakulikuler. Pemberian penguatan merupakan suatu respon guru terhadap jawaban atas pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal lain yang dapat menambah motivasi siswa dalam proses belajar mengajar, dengan pemberian penguatan diharapkan siswa dapat diharapkan siswa dapat mempertahankan dan meningkatkan prsetasinya. Oleh sebab itu, dalam proses belajar mengajar guru harus memiliki keterampilan agar kegiatan belajar mengajar berlangsung secara efektif dan efesien, sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Maka peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di sekolah tersebut. Sedangkan fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Proses Penguatan Materi Pembelajaran Fiqh Wanita Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler di SMA Negeri Ambulu? (2) Bagaimana Hasil Penguatan Materi Pembelajaran Fiqh Wanita Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler di SMA Negeri Ambulu? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penguatan materi pembelajaran fiqh wanita pada proses dan hasil kegiatan esktrakulikuler di SMA Negeri Ambulu. Dan untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Reseach-fenomenologi. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi partisipasipasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan model Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa di SMA Negeri Ambulu terdapat penguatan materi pembelajaran fiqh wanita melalui kegiatan ekstrakulikuler yang didalamnya memberikan materi up-to-date, serta menggunakan metodesepertitanyajawab, kelompok, diskusi, problem solving, dan drill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:44
Last Modified: 24 Nov 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29746

Actions (login required)

View Item View Item