Optimalisasi produktivitas karyawan melalui ketersediaan fasilitas kerja berbasis pendekatan ergonomi di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia

Tri Andini, Elly Erna (2023) Optimalisasi produktivitas karyawan melalui ketersediaan fasilitas kerja berbasis pendekatan ergonomi di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ELLY ERNA TRI ANDINI_D20195023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor terpenting dalam suatu perusahaan, karena adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan produktif akan sangat berpengaruh dalam pencapaian dan tujuan perusahaan. Selain sumber daya manusia
yang berkualitas, adanya fasilitas kerja yang disediakan oleh perusahaan merupakan sarana dan prasarana yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan karyawan. Ketersediaan fasilitas yang lengkap dan layak juga menjadi salah satu pendorong untuk karyawan bekerja dengan aman serta nyaman. Fasilitas yang kurang layak dan memadai akan berdampak pada produktivitas karyawan bahkan juga dapat terjadi kecelakaan kerja meskipun dalam kategori ringan. Oleh karena itu,fasilitas kerja yang lebih baik perlu dirancang dengan mempertimbangkan standar ergonomi yang mana ergonomi dapat membantu pemahaman tentang bagaimana kondisi tempat kerja serta kinerja karyawan dapat membuat karyawan itu sendiri merasa nyaman sehingga dapat bekerja secara maksimal.

Berdasarkan konteks penelitian tersebut, maka fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana ketersediaan fasilitas kerja berbasis pendekatan ergonomi di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia? 2) Bagaimana upaya dalam meningkatkan produktivitas karyawan berbasis pendekatan ergonomi di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia? 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan produktivitas karyawan di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia?. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan 1) Untuk mengetahui dan memaksimalkan ketersediaan fasilitas kerja berbasis pendekatan ergonomi di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, 2) Untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan dalam meningkatkan produktivitas karyawan berbasis pendekatan ergonomi di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan produktivitas karyawan di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber dan triangulasi waktu.

Hasil penelitian yang telah ditemukan adalah sebagai berikut: 1) Fasilitas yang disediakan lengkap dan layak digunakan serta sudah memenuhi standar ergonomi. 2) Upaya untuk meningkatkan produktivitas di Puslitkoka yaitu dengan diberikannya pelatihan kerja serta diawasi dan dievaluasi secara langsung oleh senior. 3) Faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan produktivitas karyawan di Puslitkoka antara lain: Faktor pendukung (waktu sholat, pelatihan kerja, komisi tambahan dan kenaikan jabatan), faktor penghambat (sarana prasarana dan stok bahan produksi).

Kata Kunci: Fasilitas Kerja; Studi Ergonomi; Produktivitas Karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Depositing User: Psikologi Elly Erna Tri Andini
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:27
Last Modified: 24 Nov 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29750

Actions (login required)

View Item View Item