CITRA PEMIMPIN PEREMPUAN DALAM AL-QUR'AN (Studi Penafsiran Surat An-Naml Ayat 20 - 44)

Nurul, Aini (2023) CITRA PEMIMPIN PEREMPUAN DALAM AL-QUR'AN (Studi Penafsiran Surat An-Naml Ayat 20 - 44). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI NURUL AINI WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Nurul Aini, 2023: Citra Pemimpin Perempuan dalam Al-Qur’an (Studi Penafsiran Surah An-Naml ayat 20 - 44)
Kepemimpinan perempuan dengan menduduki penguasa publik dikalangan ahli ilmu, politisi, dan praktisi ternyata menjadi masalah kontroversial sejak dulu hingga sejarang. Antara yang mendukung dan menolak masing-masing memiliki argumentasi. Yang menolak tentu bersandar pada sebuah hadist nabi yang menjelaskan bahwa tidak sah sebuah kepemimpinan apabila dipimpin oleh seorang wanita. Disisi lain banyak tokoh yang memperbolehkan wanita untuk menjadi pemimpin. Bahkan dalam Al-Qur’an telah melegitimasi keabsahan pemimpin wanita yaitu ratu Bilqis, seorang penguasa negeri Saba’ yang hidup sezaman dengan nabi Sulaiman. Beliau dikenal sebagai seorang penguasa yang adil, bijaksana, dan penuh tanggung jawab dalam kepemimpinannya.
Maka dengan ini, penulis memilih untuk menelaah kitab-kitab tafsir dan meneliti tentang gambaran pemimpin perempuan yang pernah disebutkan dalam Al-Qur’an. Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan (Library research) yang sifatnya termasuk penelitian deskriptif sekunder, Al-Qur’an merupkan data primer, sedangkan data sekunder diambil dari buku-buku, kitab tafsir, dan data lainnya yang masih berkaitan dengan judul penelitian. Adapun dalam mengambil kesimpulan digunakan metode induktif yaitu metode yang dipakai untuk mengambil kesimpulan dari uraian-uraian yang bersifat khusus ke dalam uraian yang bersifat umum.
Berdasarkan temuan dari beberapa kitab tafsir yang diteliti oleh penulis seperti Jami’ al-Ahkam al-Qur’an (karya Abu ‘Abdillah Muhammad bin Abu Bakar Al-anshory), Bahrul Ulum – Muwafiq lil Matbhu’, al-Lubab fi ‘ilmil kitab (Karya Abu al-Laits Nashr bin Muhammad As-Shamarqandy) , al-Bahru al-Madid (karya Ahmad bin Muhammad Al-Mahdiyi), dan kitab tafsir lain yang memiliki hubungan dengan penelitian ini. Maka citra pemimpin perempuan dalam Surah An-Naml antara lain sebagai berikut: Pemimpin yang cerdas, Pemimpin yang bijaksana, Pemimpin yang adil, Pemimpin yang demokratis, Pemimpin yang cinta damai.
Kata kunci : Pemimpin Perempuan, citra, an-naml

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: mrs Nurul Aini
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:21
Last Modified: 24 Nov 2023 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29753

Actions (login required)

View Item View Item