SEMIOTIKA BURUNG GAGAK DALAM QS. AL-MAIDAH AYAT 31

Lutfiani, Dewi (2023) SEMIOTIKA BURUNG GAGAK DALAM QS. AL-MAIDAH AYAT 31. Undergraduate thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text
Dewi Lutfiani_U20191082.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewi Lutfiani, 2023: Semiotika Burung Gagak Dalam QS. Al-Maidah Ayat 31.
Burung gagak memiliki tubuh yang seluruhnya terselimuti bulu berwarna hitam pekat serta suaranya yang khas dianggap sebagai lambang datangnya makhluk astral atau pertanda kematian. Namun, terlepas dari mitos terseut terdapat fakta menarik tentang burung gagak ini. Burung gagak memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, kecerdasan burung gagak bahkan telah disebutkan dalam QS. Al-Maidah ayat 31.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai mitos burung gagak yang melekat di masyarakat dengan menggunakan teori semiotika menurut Roland Barthes. Terdapat tiga fokus penelitian dalam skripsi ini: 1) Bagaimana makna denotasi dari burung gagak dalam QS. Al-Maidah ayat 31?, 2) Bagaimana makna konotatif dari burung gagak dalam QS. Al-Maidah ayat 31?, 3) Bagaimana makna mitos terkait burung gagak dalam QS. Al-Maidah ayat 31?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi pustaka (library reseach). Teknik pengumpulan data menggunakan metode kepustakaan. Kemudian, teknik analisis data ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini memaparkan data yang diperoleh dari kepustakaan (buku-buku, jurnal, artikel).
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Roland Barthes menekankan interaksi antara teks/tanda dengan pengalaman dan kultural. Konsep pemikiran Roland Barthes adalah signification, denotation, conotation dan mythologies. Jadi Burung Gagak (denotasi) dalam QS. Al-Maidah ayat 31 memiliki makna konotasi yakni burung mistis karena dianggap sebagai burung pertanda sial dan pengantar kematian. Kemudian konotasi tersebut berkembang menjadi asumsi dasar yang melekat pada simbol Burung Gagak. Pada tahap ini Burung Gagak yang mistis menjadi mitos yang berkembang di masyarakat. Hubungan antara mitos burung gagak sebagai tanda kematian dengan QS. Al-Maidah ayat 31 yakni kehadiran burung gagak mengisyaratkan untuk segera melakukan penguburan terhadap manusia yang meninggal, sebagaimana yang telah dipaparkan dalam kisah pembunuhan yang dilakukan oleh Qabil terhadap Habil.
Kata Kunci: Burung Gagak, Semiotika, QS. Al-Maidah Ayat 31.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200204 Cultural Theory
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: ms Dewi Lutfiani
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:54
Last Modified: 24 Nov 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29757

Actions (login required)

View Item View Item