Pengaruh Media Biocard Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA Di SMA Diponegoro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Kamil, Ahmad Humaidi (2023) Pengaruh Media Biocard Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA Di SMA Diponegoro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
AHMAD HUMAIDI KAMIL_T20198121.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Humaidi Kamil, 2023: Pengaruh Media Biocard Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA di Sma Diponegoro Panti Jember Tahun 2022/2023
Pendidikan di Indonesia terlalu berfokus pada pendidik atau guru yang membuat kegiatan belajar mengajar selalu monoton dan membosankan terutama materi biologi yang materinya banyak tidak dapat dirasakan langsung oleh paca indra, seperti materi sistem reproduksi yang menyulitkan siswa untuk memahami materi tersebut. Oleh karena itu diperlukan sebuah inovasi pada media pembelajaran yang digunakan agar tidak lagi hanya berfokus pada ceramah saja sehingga dapat meningkatkan penguasaan konsep yang juga berpengaruh pada hasil belajarnya. Salah satu media yang dapat digunakan adalah Biocard.
Rumusan Masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah Penguasaan Konsep siswa antara siswa yang mendapat perlakuan berupa Media Biocard dengan yang tidak mendapat perlakuan ?. 2) Adakah Pengaruh penggunaan Media Biocard terhadap penguasaan konsep siswa pada materi Sistem Reproduksi Manusia kelas XI IPA di SMA Diponegoro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?. Sedangkan, Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa yang mendapat perlakuan penggunaan Media Biocard dengan siswa yang tidak mendapat perlakuan. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan Media Biocard terhadap penguasaan konsep Siswa pada materi Sistem Reproduksi Manusia kelas XI IPA di SMA Diponegoro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi experimental design, bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas IPA 2 sebagai kelas kontrol dan IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Skor rata-rata posttest penguasaan konsep siswa kelas ekperimen lebih tinggi dari skor rata-rata kelas kontrol, yaitu: 75,77 di kelas eksperimen dan 70,96 di kelas kontrol. 2) Ada pengaruh yang signifikan dari Media Biocard terhadap penguasaan konsep siswa dengan nilai signifikansi 0,026.
Kata Kunci: Media Biocard, penguasaan konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060803 Animal Developmental and Reproductive Biology
Depositing User: Mr Ahmad Humaidi Kamil
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:36
Last Modified: 24 Nov 2023 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29761

Actions (login required)

View Item View Item