KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM DUSUN BABAN BARAT DESA MULYOREJO KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER JAWA TIMUR

halim, abdul (2017) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM DUSUN BABAN BARAT DESA MULYOREJO KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ABDUL HALIM_084 103 032.pdf

Download (6MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum berada dibawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al Ghofur Husain. Yang mana madrasah tersebut berada di wilayah terpencil dan jauh dari jangkauan pemerintah. Madrasah ini juga di pimpin oleh kepala madrasah yang notabene dulu pendidikannya hanya sebatas SD. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1. Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum? 2. Apakah usaha-usaha yang akan dilakukan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum? 3.Apakah faktor-faktor yang menunjang dan menghambat kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum? Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana kualitas kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum ? 2. Untuk mengetahui usaha-usaha yanga akan dilakukan kepala madrasah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum? 3. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menunjang dan menghambat kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, disebut kualitatif karena merupakan penelitian yang bermaksud memahami fenomema tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian.. Hasil dari penelitian ini yaitu:1 .Kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum telah dijalankan tugasnya dengan baik, itu dapat ditandai oleh: Sehat, Berpengetahuan luas dan kreatif, adil, bertanggung jawab, Cerdas dan penuh dengan inovasi inovasi baru, objektif, bijaksana dan demokratis 2. Usaha kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum diantaranya yaitu pengembangan kurikulum, sarana prasarana, sumber daya manusia (pendidik, siswa, pegawai) dan peran serta masyarakat.3. Faktor pendukung dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum adalah dengan adanya sarana dan prasarana yang menunjang baik dari madrasah. Disamping itu juga dari guru dan adanya kebersamaan dalam pengelolaan kurikulum dan proses belajar mengajar. Sementara Faktor penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum adalah masalah guru, dana, kemampuan dan jiwa psikologis siswa yang berbedabeda dan peran serta masyarakat yang masih rendah. Kata kunci : kepemimpinan,pengembangan lembaga pendidkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:55
Last Modified: 24 Nov 2023 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29762

Actions (login required)

View Item View Item