Internalisani Nilai-nilai KeIslaman dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Manhadlul Ubbad Sukorejo Sukowono Jember.

Yusri, Moch. (2019) Internalisani Nilai-nilai KeIslaman dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Manhadlul Ubbad Sukorejo Sukowono Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Moch. Yusri_084 141 400.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari isu perkelahian pelajar, tindakan kekerasan, premanisme, dan sebagainya, telah mewarnai halaman suratkabar, majalah, dan media massa lainnya. Menyadari kondisi tersebut, perlu adanya solusi konkrit dan berkelanjutan. Dalam hal ini, SMP Islam Manhadlul Ubbad Jember bisa dijadikan sarana untuk memberikan penanaman nilai-nilai keIslaman kepada seluruh peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam. Hal tersebut telah diterapkan di SMP Islam Manhadlul Ubbad Jember. Fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Ilahiyah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Manhadlul Ubbad? (2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Insaniyah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Manhadlul Ubbad Tujuan penelitian meliputi: (1) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai Ilahiyah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Manhadlul Ubbad? (2) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai Insaniyah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Manhadlul Ubbad? Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field researct). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model Miles Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) internalisasi nilai- nilai Ilahiyah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam SMP Islam Manhadlul Ubbad Jember dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar dengan membiasakan peserta didik membaca surat pendek bersta artinya. Adapun nilai-nilai lIlahiyah yang diinternalisasikan antara lain: Iman, Islam, dan Ihsan. (2) Internalisasi Nilai-nilai Insanniyah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Manhadlul Ubbad dengan menggunakan Metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:54
Last Modified: 24 Nov 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29764

Actions (login required)

View Item View Item