Metode Pendidikan Islam (Perspektif Imam Ghazali dan Abdullah Nashih ‘Ulwan)

FAUZIAH, ZULVI ALIF (2016) Metode Pendidikan Islam (Perspektif Imam Ghazali dan Abdullah Nashih ‘Ulwan). Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
ZULVI ALIF FAUZIAH_084121017.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pendidikan dalam kehidupan manusia, merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk generasi mendatang. Dengan pendidikan diharapkan dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan bertanggung jawab serta mampu mengantisipasi masa depan. Pendidikan Islam yang merupakan kegiatan pembinaan kepribadian manusia, sudah barang tentu memerlukan metode sebagai alat untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Adapun metode pendidikan Islam itu sendiri dapat digali dalam al-Qur’an dan al-Hadits, karena didalamnya banyak diungkapkan berbagai metode yang efektif, menyentuh perasaan, dan mendidik jiwa. Tidak diragukan lagi metode-metode ini telah berhasil menggugah hati nurani manusia untuk membuka hati agar dapat menerima petunjuk Ilahi dan kebudayaan Islami. Sehingga dalam penelitian ini diambil metode penelitian menurut al-Ghazali dan Nashih ‘Ulwan. Adapun fokus penelitian: (1) Bagaimana Metode Pendidikan Islam Perspektif Imam Ghazali ? (2)Bagaimana Metode Pendidikan Islam Perspektif Abdullah Nashih ‘Ulwan ? (3) Bagaimana persamaan dan perbedaan Metode Pendidikan Islam (Perspektif Imam Ghazali dan Abdullah Nashih ‘Ulwan ? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini, untuk mendeskripsikan dan menganalisis : (1) metode pendidikan Islam perspektif Imam Ghazali (2) metode pendidikan Islam perspektif Abdullah Nashih ‘Ulwan (3) persamaan dan perbedaan metode pendidikan Perspektif Imam Ghazali dan Abdullah Nashih ‘Ulwan. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan deskriptif analitis kritis, dan jenis penelitian ini adalah library research. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, kemudian analisa dari penulisan ini adalah Conten Analysis atau analisa isi. Selanjutnya metode komparasi digunakan untuk membandingkan data-data yang ditarik kedalam konklusi baru, dan untuk menguji validitas data, dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan kriteria derajat kepercayaan (kredibilitas). Sedangkan hasil penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Metode pendidikan Islam menurut al-Ghazali adalah: metode keteladanan, nasehat, targhib wa tarhib, metode pembiaran. (2) Metode pendidikan Islam menurut ‘Ulwan adalah: metode keteladanan, nasehat, targhib wa tarhib, kebiasaan dan perhatian. (3) Persamaan terletak pada metode keteladanan, nasihat dan targhib wa tarhib. Sedangkan perbedaan untuk al-Ghazali menambahkan metode pembiaran, ‘Ulwan menambahkan perhatian dan kebiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:55
Last Modified: 24 Nov 2023 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29768

Actions (login required)

View Item View Item