Upaya Masyarakat Pesisir Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Islam Di Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Jember.

LESTARI, FITA PUJI (2016) Upaya Masyarakat Pesisir Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Islam Di Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Fita Puji Lestari_084 121 161.pdf

Download (4MB)

Abstract

Agama merupakan pedoman yang dijadikan sebagai interpretasi tindakan manusia. Sedangkan masyarakat pesisir mayoritas beragama islam, mereka telah menjadikan nilai-nilai agama sebagai acuan dalam banyak aspek di kehidupan mereka akan tetapi karena pemahaman mereka yang rendah akan pengetahuan agama. Maka akan melahirkan sikap hidup yang kurang tepat tentang makna kehidupan. Selain itu, masyarakat pesisir ini juga terlihat etos kerja yang lemah, kurang kreatif dan cukup tertinggal dari desa-desa yang lain. Oleh karena itu dengan cara menanamkan nilai-nilai agama islam tersebut, di harapkan masyarakat pesisir dapat meningkatkan keimanan dengan menjadikan pesan-pesan Islam sebagai pedoman hidup seharian. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana upaya masyarakat pesisir dalam menanamkan nilai-nilai aqidah di Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Jember? 2). Bagaimana upaya masyarakat pesisir dalam menanamkan nilai-nilai ibadah di Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Jember? 3). Bagaimana upaya masyarakat pesisir dalam menanamkan nilai-nilai akhlak di Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Jember? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1). Upaya masyarakat pesisir dalam menanamkan nilai-nilai Aqidah di Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Jember. 2). Upaya masyarakat pesisir dalam menanamkan nilai-nilai Ibadah di Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Jember. 3). Upaya masyarakat pesisir dalam menanamkan nilai-nilai Akhlak di Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis description research subyek penelitian menggunakan Snowball sampling. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analis data menggunakan model Miles dan Huberman dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Upaya masyarakat pesisir dalam menanamkan nilai-nilai aqidah dengan cara tahlilan, bersholawat pantai, ataupun dengan cara tadarus Al-Qu’an. Mengingat pentingnya penanaman akidah sangat penting untuk diberikan kepada masyarakat pesisir mengenai kekokohan tingkat keimanan masyarakat pesisir dengan cara menanamkan nilai-nilai ketakwaan dan pendekatan diri kepada Allah. 2). Upaya masyarakat pesisir dalam menanamkan nilai-nilai ibadah di Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo dengan cara Sholat, Zakat, Puasa. 3). Upaya masyarakat pesisir dalam menanamkan nilai-nilai akhlak di Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo dengan cara berdo’a, berdzikir, saling membantu antar sesama, gotong royong. Bahwasanya di masyarakat pesisir di dusun Watu Ulo sudah bisa dibilang cukup bagus karena solidaritas membantu antara sesama dan saling tolong menolong antar sesama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:19
Last Modified: 24 Nov 2023 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29769

Actions (login required)

View Item View Item