TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PENGANGKATAN ANAK TEMUAN (Analisis Putusan NO. 85/Pdt.P/PA.Jr Tentang Pengangkatan Anak Di Pengadilan Agama Jember)

Hartono, Rudi (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PENGANGKATAN ANAK TEMUAN (Analisis Putusan NO. 85/Pdt.P/PA.Jr Tentang Pengangkatan Anak Di Pengadilan Agama Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Rudi Hartono_083-121-054.pdf

Download (6MB)

Abstract

Anak merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa dan oleh sebab itu keberadaannya sangat diharapkan oleh setiap pasangan suami istri, akan tetapi kadang kala keinginan itu tidak bisa terpenuhi karena yang kuasa berkehendak lain, sehingga demi keinginan tersebut banyak cara yang dilakukan demi mewujudkan keinginan memiliki anak, salah satunya dengan mengangkat anak/ mengadopsi anak. Skripsi ini akan membahas secara umum bagaimana tata cara dalam melakukan pelaksanaan pengangkatan anak baik itu yang di atur dalam hukum Islam dan hukum positif dengan menganalisa Putusan NO. 85/Pdt.P/PA.Jr Tentang Pengangkatan Anak Di Pengadilan Agama Jember. Tujuan dari menganalisa putusan tersebut untuk mengetahui bagaimana tata cara yang baik dan yang benar dalam memberikan putusan serta menangani perkara pelaksanaan pengangkatan anak, serta untuk menambah pengetahuan yang lebih mendalam tentang mengangkat anak. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang Jenis penelitiannya adalah Library Reseach, Penelitian ini menyimpulkan bahwa data-data informasi berbagai macam materi diperoleh melalui kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama Islam sangat menganjurkan dan sangat memperbolehkan melakukan pengangkatan anak, tapi Islam melarang jika nasab anak angkat tersebut mengangbil dari orang tua angkatnya dari segi warisan jika kelak nanti orang tua angkatnya meninggal dunia, karena tugas orang tua angkat hanya menjada, menafkahi, melindungi dan merawat, serta menjamin kelangsungan hidup anak angkat tersebut dari segala hak yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Sebagaimana dijelaskan dalam surat Al-ahzab Ayat 4-5. Kedua Tujuan dari pengangkatan anak itu sendiri hanya untuk melindungi dan memenuhi hak-hak seorang anak yang seharusnya didapatkan dari orang tua kandungnya menjadi tanggung jawab orang tua angkatnya sebagaimana dijelaskan dalam Komplikasi Hukum Islam (KHI) pasal 171 huruf (h) adalah ” Anak angkat adalah anak yang dalam pemeliharaan untuk hidupnya sehari-hari, biaya pendidikan dan sebagainya beralih tanggung jawabnya dari orang tua asal kepada orang tua angkatnya berdasarkan putusan Pengadilan. Jadi selama hukum positif tentang pengangkatan anak tidak bertentangan dengan hukum Islam maka boleh dijadikan sebagai dasar. ketiga Menurut para majelis hakim PA Jember perkara Nomor: 85/Pdt.P/2013/PA.Jr. tentang pengangkatan anak di Pengadilan Agama Jember layak untuk dikabulkan atas dasar bukti-bukti yang telah di ajukan oleh para pemohon yang dirasa kuat demi menjamin kelangsungan hidup anak tersebut baik dari segi nafkah, pendidikan, serta perawatan yang layak yang wajib di dapatkan oleh anak tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:55
Last Modified: 27 Nov 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29772

Actions (login required)

View Item View Item