PENGARUH KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 5 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Aulia, Fransisca Nur (2019) PENGARUH KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 5 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Fransisca Nur Aulia_T20157008.pdf

Download (50MB)

Abstract

Kreativitas belajar sangat penting di dalam proses pembelajaran, khususnya dalam bidang matematika. Kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika merupakan sesuatu yang banyak dijumpai dalam pembelajaran matematika terlebih dengan soal yang bervariasi. Suatu saat siswa dihadapkan pada sebuah masalah yang menuntut berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal tetapi siswa tersebut tidak mampu menyelesaikan karena hanya berkutat pada satu jalan keluar. Hal ini menjadi perhatian bagi peneliti dan tertarik untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kreativitas siswa dalam pelajaran matematika kelas X SMA Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2018/2019; 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas X SMA Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2018/2019; 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika kelas X SMA Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 5 Jember. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampelnya yaitu kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian: 1) Berdasarkan pengisian angket kreativitas siswa dapat diketahui bahwa kreativitas siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2018/2019 adalah bervariasi atau berbeda-beda. Persentase siswa dengan kategori sangat tinggi sebesar 8,57%, persentase siswa dengan kategori tinggi sebesar 34,28%, persentase siswa dengan kategori sedang sebesar 47,14%, persentase siswa dengan kategori rendah sebesar 8,57%, dan persentase siswa dengan kategori sangat rendah sebesar 1,42%. 2) Berdasarkan analisis hasil belajar matematika dapat diketahui bahwa hasil belajar matematika kelas X SMA Negeri 5 tahun pelajaran 2018/2019 adalah bervariasi atau berbeda-beda. Tidak ada siswa yang memiliki hasil belajar matematika dengan kategori rendah dan sangat rendah. Sedangkan persentase siswa dengan kategori sangat tinggi sebesar 27,14%, persentase siswa dengan kategori tinggi sebesar 71,42%, dan persentase siswa dengan kategori sedang sebesar 1,42%. 3) Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika kelas X SMA Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Adapun besar pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika sebesar 33,4%. Sedangkan 66,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010103 Category Theory, K Theory, Homological Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:21
Last Modified: 24 Nov 2023 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29773

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item