Pengembangan Alat Peraga Papan Tangga Pada Mata Pelajaran Matematika Materi "Satuan Panjang" Kelas III Di Sekolah Dasar Hidayatul Murid Wuluhan Tahun Pelajaran 2023

Laili Zakiah, Ulviyatul (2023) Pengembangan Alat Peraga Papan Tangga Pada Mata Pelajaran Matematika Materi "Satuan Panjang" Kelas III Di Sekolah Dasar Hidayatul Murid Wuluhan Tahun Pelajaran 2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi ULVIYATUL LAILI ZAKIAH 2023 1.pdf

Download (9MB)

Abstract

Ulviyatul Laili Zakiah, 2023. Pengembangan Alat Peraga Papan Tangga Pada Mata Pelajaran Matematika Materi “Satuan Panjang” Kelas III Di Sekolah Dasar Hidayatul Murid Wuluhan Tahun Pelajaran 2023.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Alat Peraga, Pembelajaran Matematika
Pada penelitian pengembangan alat peraga papan tangga ini, peneliti memilih mata pelajaran matematika pada materi satuan panjang kelas III di sekolah dasar Hidayatul Murid Wuluhan. Karena dari beberapa mata pelajaran ditemukan bahwa pada pembelajaran matematika peserta didik kurang memfokuskan konsentrasinya pada pembelajaran matematika, peserta didik cenderung bermain sendiri dan mengobrol dengan temannya. Dalam hal ini maka akan berpengaruh pada pemahaman serta hasil belajar peserta didik. Dengan ini peneliti ingin mengembangkan alat peraga papan tangga pada mata pelajaran matematika materi satuan panjang yang dapat membantu peserta didik untuk dapat memfokuskan kembali konsentrasinya pada pembelajaran matematika.
Dalam pengembangan media ini memiliki rumusan masalah yang terdiri dari: (1) Bagaimana cara pembuatan dan penggunaan alat peraga papan tangga pada mata pelajaran matematika materi satuan panjang di SD Hidayatul Murid Wuluhan tahun pelajaran 2023 (2) Bagaimana kelayakan alat peraga Papan Tangga pada mata pelajaran matematika materi Satuan Panjang kelas III di Sd Hidayatul Murid Wuluhan tahun pelajaran 2023 (3) Bagaimana efektifitas alat peraga papan tangga pada mata pelajaran matematika materi satuan panjang di SD Hidayatul Murid Wuluhan tahun pelajaran 2023.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan cara pembuatan dan penggunaan alat peraga Papan Tangga pada mata pelajaran matematika materi Satuan Panjang kelas III di SD Hidayatul Murid Wuluhan Tahun Pelajaran 2023. (2) Mengetahui kelayakan dari alat peraga papan tangga pada mata pelajaran matematika materi Satuan Panjang kelas III di SD Hidayatul Murid Wuluhan Tahun Pelajaran 2023. (3) Mengetahui efektifitas alat peraga Papan Tangga mata pelajaran matematika materi Satuan Panjang kelas III di SD Hidayatul Murid Wuluhan Tahun Pelajaran 2023.
Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Recearch and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif.
​Hasil dari penelitian pegembangan ini menunjukkan bahwa: 1) Cara penggunaan alat peraga papan tangga pada mata pelajaran matematika yaitu dengan mentukan simbul sebagai penanda satuan pada tangga satuan, pasang angka dan satuan yang akan dicari pada papan hitung. Apabila simbul pada tangga turun atau naik akan memiliki nilai yang satuan yang berbeda. Apabila turun maka tambahkan bilangan angka 0 pada papan hitung. Sebaliknya jika naik maka 0 pada papan hitung akan dikurang. 2) Hasil kelayakan dari validasi meteri dan ahli materi mendapatkan hasil persentase 87,5% dan 92,5% dari ahli media dengan kriteria sangat layak. 3) hasil keefektifan alat peraga papan tangga dari hasil pretest dan postest mendapatkan nilai rata-rata 80%. Dari hasil data yang telah diterima peneliti menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga Papan Tangga dikategorikan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas III.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Alat Peraga, Pembelajaran Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mis Perpustakaan Ulvi zakiyah
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:25
Last Modified: 27 Nov 2023 06:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29785

Actions (login required)

View Item View Item