PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN ACTIVITIY OF DAILY LIVING PADA ANAK TUNA DAKSA DI SEKOLAH LUAR BIASA DI KABUPATEN LUMAJANG

Ratna Fina, Dewi (2023) PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN ACTIVITIY OF DAILY LIVING PADA ANAK TUNA DAKSA DI SEKOLAH LUAR BIASA DI KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RATNA FINA DEWI_D20193012 watermark.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Ratna Fina Dewi, 2023 : Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Tingkat Kemandirian Activitiy Of Daily Living Pada Anak Tuna Daksa Di Sekolah Luar Biasa Di Kabupaten Lumajang. Skripsi Prodi Bimbingan dan Konseling Islam.
Kata kunci: Pengaruh Dukungan Keluarga, Kemandirian Activitiy Of Daily Living ,Anak Tunadaksa. Berdasarkan permasalahan yang ada di lapangan bahwasanya masi ada
keluarga atau orang tua yang masih kurang menanamkan sikap kemandirian pada anaknya. dimana di pengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya tingkat Pendidikan orang tua yang kurang serta kurangnya motivasi terhadap kemampuan anak yang masi di miliki oleh anak. Sehingga hal ini dapat mempengaruhi dukungan keluarga terhadap tingkat kemandirian Activitiy Of Daily Living pada anak Tuna daksa Di Sekolah Luar Biasa Kabupaten Lumajang. Dimana dalam dukungan keluaarga terdapat beberapa jenis dukungan keluarga yaitu dukungan
emosional, dukungan informasional dukungan instrumen dan dukungan penilaian dan penghargaan. Dukungan keluarga juga merupakan tempat dimana pendidikan pertama yang sangat besar dalam perkembangan tingkat kemandirian anak tuna daksa dalam melakukan Activitiy Of Daily Living. Degan meliputi Self care, Ambulation dan Hand activities. Dimana anak tuna daksa
Rumusan masalah pada skripsi ini adalah : Apakah ada pengaruh dukungan keluarga terhadap tingkat kemandirian Activity Daily Living pada anak tuna daksa di Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Lumajang ? Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap tingkat
kemandirian Activity of Daily Living pada anak tuna daksa di Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Lumajang ?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
asosiatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 40 siswa anak tunadaksa di Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Lumajang. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Purposive sampling. Dengan sampel penelitian yaitu wali murid anak tunadaksa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan observasi, kuisioner (skala likert) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji statistik yaitu statistik deskriptif.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan product moment pearson dengan menggunakan ketentuan nilai sig.< 0,05. di peroleh hasil sebesar 0,000<0,05 yang menunjukkan adanya Pengaruh dukungan keluarga terhadap tingkat kemandirian
Activity of Daily Living pada anak tunadaksa di Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Lumajang. Bahwa adanya pengaruh dukungan keluarga dalam kemandirian Activity of Daily Living dengan meliputi sefcare, ambulatin dan hand activities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ratna Fina Dewi
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:03
Last Modified: 27 Nov 2023 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29786

Actions (login required)

View Item View Item