Hambatan Perkembangan Kognitif Pada Anak Asuh Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah Senduro Kabupaten Lumajang

Nurmala, Intan (2023) Hambatan Perkembangan Kognitif Pada Anak Asuh Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah Senduro Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INTAN NURMALA_D20193042.pdf

Download (4MB)

Abstract

Intan Nurmala, 2023: Hambatan Perkembangan Kognitif Pada Anak Asuh Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah Senduro Kabupaten Lumajang.
Kata Kunci : Hambatan Perkembangan Kognitif, Anak Asuh, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah Senduro

Hambatan perkembangan kognitif merupakan sebuah kondisi yang memperlambat atau menghalangi kemampuan berfikir seseorang memperoleh pengetahuan dan memecahkan masalah. Perkembangan kognitif sangat penting untuk setiap individu karena perkembangan kognitif berkaitan langsung dengan proses pembelajaran dan menentukan keberhasilan disekolah dan dalam menyelesaikan masalah hidup sehari hari. Terdapat empat tahapan dalam perkembangan kognitif yang masing masing memiliki capaian yang harus diraih anak.
Fokus dalam penelitian skripsi ini ada 3 yaitu :1) Bagaimana hambatan perkembangan kognitif yang dialami oleh anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah Senduro Kabupaten Lumajang? 2) Apa saja faktor faktor yang mempengaruhi hambatan perkembangan kognitif pada anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah Senduro Kabupaten Lumajang? 3) Bagaimana peran Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah Senduro Kabupaten Lumajang dalam mengatasi hambatan perkembangan kognitif pada anak asuhnya
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Adapun triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa hambatan perkembangan kognitif yang terjadi pada anak yaitu mengalami hambatan dalam berfikir, hambatan dalam menguasai object permanence, hambatan dalam meningkatkan kemampuan, hambatan dalam dalam berkomunikasi, hambatan dalam memahami sudut pandang orang lain, hambatan memahami hukum kekekalan, hambatan memahami kosep angka dan berhitung, hambatan pengkatagorian benda dan hambatan dalam mengembangkan pengalaman pribadi dan diaplikasikan ketika menghadapi masalah. Adapun faktor yang mempengaruhi hambatan perkembangan kognitif anak yaitu mengalami sakit paru paru dan ginjal, pola asuh orang tua, anak sering lupa dan kesulitan memahami sesuatu, anak tidak mendapatkan pembelajaran sedini mungkin dari orang tua, mengalami keterlambatan mengenyang pendidikan sekolah, sering izin tidak masuk sekolah karena sakit, anak cenderung pasif dan tidak mampu menyampaikan pendapat karena kesulitan dalam berkomunikasi. Adapun peranan yang diberikan memberikan fasilitas pendidikan formal dan keagamaan, memberi bimbingan belajar, memberi hukuman yang mendidik pemenuhan gizi, fasilitas kesehatan, memberikan lingkungan yang bersih dan kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170202 Decision Making
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Intan Nurmala
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:56
Last Modified: 27 Nov 2023 01:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29788

Actions (login required)

View Item View Item