MOVE ON DALAM SURAH AL-INSYIRAH (STUDI TAFSIR LISAN M. QURAISH SHIHAB DI MEDIA SOSIAL)

Sholihin, Fikrush (2023) MOVE ON DALAM SURAH AL-INSYIRAH (STUDI TAFSIR LISAN M. QURAISH SHIHAB DI MEDIA SOSIAL). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Fikrush Sholihin Achmad_U20191068.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : Move on, Tafsir Lisan, M. Quraish Shihab, Surah Al-Insyira>h.

Move On merupakan suatu usaha bangkit dari keterpurukan dan melakukan sesuatu yang baru. Kata kekinian yang cukup popular dikalangan masyarakat ini hadir tidak melulu dalam persoalan cinta atau asmara akan tetapi sifatnya general(umum) dalam berbagai masalah. Semisal beberapa masalah yang telah tercatat, banyak orang yang memilih untuk mengakhiri hidupnya sebab tidak bisa move on akibat mengalami suatu permasalahan. Dengan ini penulis berusaha untuk mengupas Surah Al-Insyira>h karena kita tahu Surah ini berbicara tentang anugerah kelapangan hati yang diberikan oleh Allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw. tentunya dalam mengupas Surah ini penulis tetap berpegangan melalui perantara penafsiran, yang dalam hal ini penulis memilih penafsiran secara lisan oleh M. Quraish Shihab di Media Sosial.
Fokus penelitian pada sripsi ini yakni: 1. Bagaimana penafsiran lisan Surah Al-Insyira>h oleh M. Quraish Shihab di media sosial?, 2. Bagaimana move on dalam Surah Al-Insyira>h?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Dalam hal ini penulis mengumpulkan data baik data primer maupun data sekunder.
Hasil akhir dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa M. Quraish Shihab menjelaskan bahwa Surah Al-Insyira>h ini menanamkan kelapangan hati khususnya kepada orang-orang yang tidak stabil/ragu dalam menghadapi kesulitan atau ujian sebagaimana halnya Nabi Muhammad saw. pernah mengalami kesulitan dan krisis besar akan tetapi beliau tetap sabar serta optimis mengikuti ketetapan Allah Swt. sehingga ada ketentuan Allah Swt. siapa yang sabar mengikuti tuntunan agama dan sabar dalam menghadapi kesulitan yang dihadapi selama dibarengi dengan pelaksanaan nilai-nilai agama pasti sesudah itu ada kemudahan. Dan secara implisit dari uraian ini mengandung makna move on.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Fikrush Sholihin
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:36
Last Modified: 27 Nov 2023 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29790

Actions (login required)

View Item View Item