Analisis Buku IPA Siswa SMP/MTs Kelas IX Semester 1 Revisi 2018 Berdasarkan Kategori Literasi Sains

Zahro, Kurmatus (2023) Analisis Buku IPA Siswa SMP/MTs Kelas IX Semester 1 Revisi 2018 Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Kurmatus Zahro_T201910011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kurmatus Zahro, 2023: Analisis Buku IPA Siswa SMP/MTs Kelas IX Semester 1
Revisi 2018 Berdasarkan Kategori Literasi Sains.
Kata Kunci: Analisis Buku IPA, Literasi Sains

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil survei PISA yang menunjukkan bahwa literasi sains siswa Indonesia berada pada urutan ke-74 dari 79 dengan skor yang didapatkan 396 jauh dibawah rata-rata OECD sebesar 489, literasi sains
merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai setiap individu karena hal
tersebut berkaitan dengan bagaimana seseorang dapat memahami lingkungan
hidup dan masalah-masalah lain yang dihadapi masyarakat modern yang sangat
bergantung pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
termasuk juga masalah sosial kemasyarakatan, sehingga kemampuan literasi sains dibutuhkan mempersiapkan peserta didik untuk memahami ilmu pengetahuan sains dan teknologi yang terus berkembang. Literasi sains selama dekade terakhir dianggap sebagai permasalahan penting dunia pendidikan nasional maupun
internasional. salah satu faktor penyebab rendahnya literasi sains yang berkaitan
langsung dan dekat dengan siswa adalah pemilihan bahan ajar, pemilihan bahan
ajar yang kurang tepat dapat menyebabkan kemampuan literasi siswa terbatas,
begitupun dengan isi dari bahan ajar yang belum sesuai dengan komponen literasi
sains turut menyebabkan kemampuan literasi siswa rendah.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana ruang lingkup kemunculan kategori
literasi sains pada buku siswa IPA SMP/MTs kelas IX semester 1 revisi 2018?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ruang lingkup kemunculan
kategori literasi sains pada buku siswa IPA SMP/MTs kelas IX semester 1 revisi
2018.
Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan jenis
pendekatan deskriptif. Unit penelitiannya yaitu Buku Siswa SMP/MTs Kelas IX
Semester 1 Revisi 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu
angket, dokumentasi, wawancara. Alat pengumpul data menggunakan lembar
analisis kemunculan literasi sains. Dan lembar check list validasi kemunculan
literasi sains.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis buku berdasarkan literasi
sains yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa ke tiga bab buku yang dianalisis
menunjukkan proporsi kemunculan kategori literasi sains memiliki persentase
63,3% untuk pengetahuan sains, penyelidikan sains memiliki persentase yaitu 13,3%, sains sebagai cara berpikir memiliki persentase yaitu 13,3%, dan 4,4%
untuk aspek interaksi sains, teknologi dan masyarakat. Secara keseluruhan ke
empat aspek literasi sains sudah direfleksikan namun ada beberapa indikator yang tidak muncul, artinya buku sudah merefleksikan literasi sains, namun belum
seimbang dalam penyajian dari masing-masing aspek kategori literasi sains,
secara keseluruhan pada ketiga bab buku mendapatkan rata-rata persentase
kemunculan sebesar 64% (kategori ‘baik’).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060403 Developmental Genetics (incl. Sex Determination)
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060803 Animal Developmental and Reproductive Biology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Kurmatus Zahro
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:15
Last Modified: 28 Nov 2023 01:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29791

Actions (login required)

View Item View Item