Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Poster Terhadap Kemampuan Bekerjasama dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI Agama di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Hasanah, Nur (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Poster Terhadap Kemampuan Bekerjasama dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI Agama di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR HASANAH_T20198146_FIX-1.pdf

Download (49MB)

Abstract

Kemampuan bekerjasama merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi hasil belajar siswa. Adanya kemampuan bekerjasama dapat
berinteraksi dan mampu mengemukakan ide dalam pembelajaran. Pada
kenyataannya mayoritas siswa memiliki kemampuan bekerjasama yang rendah.
Hasil observasi menunjukkan bahwa saat pembelajaran guru hanya menggunakan
metode konvensional sehingga membuat siswa menjadi pasif yang mengakibatkan
kemampuan bekerjasama dan hasil belajar yang masih rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1)Bagaimana kemampuan
bekerjasama kelas kontrol dan eksperimen setelah dibelajarkan menggunakan
model kooperatif tipe group investigation berbantuan poster materi sistem
pertahanan tubuh? 2)Bagaimana hasil belajar kelas kontrol dan eksperimen setelah
dibelajarkan menggunakan model kooperatif tipe group investigation berbantuan
poster? 3)Adakah pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation berbantuan poster terhadap kemampuan bekejasama? 4)Adakah
pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation
berbantuan poster terhadap hasil belajar?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1)Mendeskripsikan kemampuan bekerjasama
kelas kontrol dan eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran group
investigation berbantuan poster. 2)Mendeskripsikan hasil belajar kelas kontrol dan
eksperimen. 3)Mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif
tipe group investigation berbantuan poster terhadap kemampuan bekerjasama.
4)Mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation berbantuan poster terhadap hasil belajar.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian
eksperimen, design quasi experiment, bentuk penelitian Nonequivalent Group
Pretest Postest Design. Sampel penelitian yaitu XI Agama 4 dan XI Agama 6.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan uji T.
Hasil penelitian menunjukkan: 1)Rata-rata kuesioner kemampuan
bekerjasama kelas eksperimen 62,60 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata-
rata 59,00. 2)Rata-rata postest hasil belajar kelas eksperimen 77,88 lebih tinggi
dari kelas kontrol dengan skor rata-rata 68,59. 3)Terdapat pengaruh signifikan
model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan poster
terhadap kemampuan bekerjasama dengan signifikansi 0,032. 4)Terdapat
pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation
berbantuan poster terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0,000.

Kata Kunci: Group Investigation, poster, kemampuan bekerjasama, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nur Hasanah
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:32
Last Modified: 27 Nov 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29793

Actions (login required)

View Item View Item